Koordinasi Pencatatan dan Pelaporan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Padang

Yossi Melya Fitri (1) , Iwan Stia Budi (2) , Elvi Sunarsih (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Pencatatan dan pelaporan kesehatan ibu dan anak bertujuan untuk mencatat dan melaporkan semua hasil kegiatan pelayanan kesehatan ibu dan anak di puskesmas guna menunjang pengelolaan upaya kesehatan masyarakat. Lambatnya pengiriman data kesehatan ke dinas kesehatan mengakibatkan pengambil keputusan/pemangku kepentingan mengambil keputusan dan kebijakan kesehatan tidak berdasarkan data yang akurat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis koordinasi dalam pencatatan dan pelaporan kesehatan ibu dan anak di puskesmas wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Padang.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Padang sedangkan yang menjadi sampelnya terdiri dari 6 puskesmas dengan responden koordinator SP2TP, koordinator KIA, petugas puskesmas pembantu, dan petugas pos kesehatan kelurahan dari masing-masing puskesmas yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel puskesmas dan unit kerja adalah purposive sampling.
Hasil Penelitian : Menunjukkan bahwa 66,7% puskesmas dengan pengetahuan petugas baik. Aspek kelengkapan sarana dari 6 puskesmas belum memiliki sarana yang lengkap. Aspek pembagian tugas dari 6 puskesmas masih terdapat petugas yang tidak memiliki kesesuaian antara implementasi tugas dengan uraian tugas standar masing-masing unit kerja. Selain itu juga diketahui bahwa 66,7% puskesmas dengan pengawasan kurang baik, 66,7% puskesmas dengan komunikasi baik, sedangkan 66,7% puskesmas dengan supervisi tidak baik. Aspek standarisasi mayoritas tidak ada standarisasi proses kerja dan jenis koordinasi adalah reciprocal interdependence dan sequential interdependence.
Kesimpulan : Meningkatkan pemahaman petugas tentang koordinasi dan peningkatan pelaksanaan mekanisme koordinasi pencatatan dan pelaporan kesehatan ibu dan anak.
Kata Kunci : Koordinasi, Pencatatan dan Pelaporan, Puskesmas

Full text article

Generated from XML file

Authors

Yossi Melya Fitri
Iwan Stia Budi
Elvi Sunarsih
1.
Fitri YM, Budi IS, Sunarsih E. Koordinasi Pencatatan dan Pelaporan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Padang. JIKM [Internet]. 2013 Mar. 1 [cited 2024 May 19];4(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/286

Article Details

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4