Analisis Determinan Perilaku Petugas dalam Pengelolaan Limbah Cair Sistem PET di PT Pusri Palembang

Okky Assetya Pratiwi (1) , Hamzah Hasyim (2) , Elvi Sunarsih (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Kandungan ammonia dan urea dalam limbah cair PT. PUSRI yang cukup tinggi membuat berbagai pihak khawatir akan dampaknya pada kesehatan lingkungan maupun kesehatan masyarakat, jika limbah cair tersebut tidak dikelola dengan baik. Petugas seringkali berangggapan bahwa pengelolaan limbah cairnya telah didesain dengan baik. Keadaan ini seringkali terlupakan oleh petugas yang mengelola limbah cair pada sistem Pusri Effluent Treatment dikarenakan petugas beranggapan bahwa sistem pengelolaan limbah cair PT. PUSRI telah didesain dengan baik.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh petugas dengan status kepegawaian tetap yang terlibat dalam pengelolaan limbah cair sistem PET berjumlah 40 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik variabel yang berhubungan secara signifikan terhadap perilaku petugas pengelolaan limbah cair yaitu variabel pendidikan (ρvalue = 0,027), pengetahuan (ρvalue = 0,025), sikap (ρvalue = 0,004), tindakan (ρvalue = 0,010), peraturan (ρvalue = 0,013), dan pengawasan (ρvalue = 0,018), sedangkan yang tidak berhubungan yaitu variabel umur (ρvalue = 0,527), masa kerja (ρvalue = 0,507), ketersediaan sarana (ρvalue = 0,744), dan ketersediaan prasarana (ρvalue = 0,490).
Kesimpulan : Kesimpulan bahwa proporsi perilaku petugas dalam pengelolaan limbah cair pada sistem PET antara berperilaku baik dan tidak baik adalah sama, sebesar 50%. Pada penelitian ini, terdapat hubungan bermakna antara pendidikan, pengetahuan, sikap, tindakan, peraturan, dan pengawasan dengan perilaku petugas. Saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku petugas seperti memberikan pelatihan dan pembinaan rutin, meningkatkan pengawasan, monitoring atau pemantauan berkala dan evaluasi kegiatan terkait pengelolaan limbah cair pada sistem PET.
Kata Kunci : Perilaku Petugas, Pengelolaan Limbah Cair, Pusri Effluent Treatment

Full text article

Generated from XML file

Authors

Okky Assetya Pratiwi
Hamzah Hasyim
Elvi Sunarsih
1.
Pratiwi OA, Hasyim H, Sunarsih E. Analisis Determinan Perilaku Petugas dalam Pengelolaan Limbah Cair Sistem PET di PT Pusri Palembang. JIKM [Internet]. 2013 Jul. 1 [cited 2024 May 22];4(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/273

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>