Analisis Pelaksanaan Prinsip Produksi Bersih dalam Pengelolaan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit PT. Hindoli, Cargill Tropical Palm, Pte, Ltd Sungai Lilin Tahun 2012

Nani Ummi Fadilah (1) , Elvi Sunarsih (2) , H. A Fickry Faisya (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: PT. Hindoli adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Besarnya jumlah limbah cair yang dihasilkan dan potensi cemaran limbah yang akan berlangsung secara terus menerus selama pabrik beroperasi, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pengelolaan limbah cair pabrik kelapa sawit yang mengedepankan aspek preventif dengan pendekatan proaktif. Secara prinsip, produksi bersih mengupayakan dihasilkannya jumlah limbah yang sedikit dan tingkat cemaran yang minimum.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Sumber informasi diperoleh dari informan, terdiri dari 4 orang informan kunci dan 3 orang informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk kuotasi dan matriks.
Hasil: Ada kebijakan perusahaan yang mendukung pelaksanaan prinsip produksi bersih dan perusahaan telah melaksanakan empat dari lima prinsip produksi bersih yaitu elimination, reduse, recycle dan recovery, namun belum dilakukan reuse. Perusahaan juga melakukan pengolahan dan pembuangan limbah sebagai tingkatan terakhir dalam pengelolaan limbah.
Kesimpulan: PT. Hindoli Sungai Lilin telah melaksanakan prinsip produksi bersih dalam pengelolaan limbah cair pabrik kelapa sawit, walaupun masih ada prinsip produksi bersih yang belum dilakukan seperti tidak adanya penggunaan kembali (reuse) limbah cair yang dihasilkan dari pabrik, daur ulang (recycle) yang dilakukan hanya berupa pengembalian lagi ke proses semula, dan belum dilakukan daur ulang menjadi produk samping yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan.
Kata kunci : Prinsip Produksi Bersih, Pengelolaan Limbah Cair, Pabrik Kelapa Sawit

Full text article

Generated from XML file

Authors

Nani Ummi Fadilah
Elvi Sunarsih
H. A Fickry Faisya
1.
Fadilah NU, Sunarsih E, Faisya HAF. Analisis Pelaksanaan Prinsip Produksi Bersih dalam Pengelolaan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit PT. Hindoli, Cargill Tropical Palm, Pte, Ltd Sungai Lilin Tahun 2012. JIKM [Internet]. 2014 Mar. 1 [cited 2024 Mar. 1];5(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/128

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>