Efektifitas Tanah Liat Kutai dan Semen Putih sebagai Bahan Pereduksi Mikroba Pathogen pada Limbah Domestik

Blego Sedionoto (1)
(1) Staf Pengajar Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Limbah domestik mempunyai pengaruh terhadap kesehatan lingkungan karena limbah domestik dapat menjadi kontribusi pencemar cukup besar pada badan air Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan tanah liat Kutai dalam mereduksi mikroba pathogen yang terkandungdalam limbah domestik sampai di bawah konsentrasi yang ditetapkan baku mutu limbah cair, mendapatkan dosis konsentrasi ideal tanah liat Kutai yang paling efektif dalam mereduksi mikroba pathogen.
Metode : penelitian ini menggunakan desain eksperimen, 4 formula perlakuan dengan volume murni tanah liat dan juga dengan penambahan semen putih; (4:0)100 gram:0gram , (3:1) 75gram:25gram, (2:2)50gram:50gram, (1:3) 25gram:75gram dengan mengambil konsentrasi total Mikroba Pathogen dalam limbah domestik.
Hasil Penelitian : Hasil uji laboratorium perlakuan beberapa formula dibandingkan sebelum perlakuan atau control terlihat secara umum ada penurunan terutama pada formula FC Tanah liat:semen putih (3:1) dan FD Tanah liat:semen putih (1:3) dengan hasil uji MPN Coli rata-rata pengamatan 0. Formula yang paling efisien adalah formula FD Tanah liat:semen putih (1:3), dengan kemampuan degradasi 100% Hasil uji Mann- Whitney terlihat ada perbedaan yang sgnifikan pada perlakuan FB, dengan nilai p = 0,028 dan formula FD, p=0,014, yang menunjukkan pada kedua formula mempunyai perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan sebelum perlakuan/control. Hasil uji beda dua formula menunjukkan adanya tingkat perbedaan yang terbanyak signifikan adalah pada formula FD, uji Kruskal-Wallis dari seluruh perlakuan pada formula FA, FB, FC dan FD menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap penurunan MPN Coli dengan p=0,037. Penggunan formula teroptimum dalam absorbsi MPN Coli dengan media perlakuan pencampuran Tanah liat kutai dan semen putih pada perbandingan konsentrasi 2,5 gram tanah liat Kutai dan 7,5 gram semen putih (perbandingan 1:3) pada formula FD.
Kesimpulan : Diperlukan analisis terapan pemanfaat formula dalam produk penyerap limbah dengan rancangan masa depan dengan pentabletan efferensce guna menyiapkan teknologi baru dalam penyerapan limbah.
Key word : Reduksi, Mikroba pathogen, Limbah domestik, Tanah Liat Kutai

Full text article

Generated from XML file

Authors

Blego Sedionoto
1.
Sedionoto B. Efektifitas Tanah Liat Kutai dan Semen Putih sebagai Bahan Pereduksi Mikroba Pathogen pada Limbah Domestik. JIKM [Internet]. 2013 Jul. 1 [cited 2024 Mar. 28];4(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/276

Article Details