Analisis Implementasi Pengelolaan Sampah di Kampus Unsri Inderalaya Tahun 2013

Sartika (1) , Achmad Fickry Faisya (2) , Asmaripa Ainy (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Penanganan sampah dapat teratasi apabila ada komitmen dan kerja sama dari segala pihak yang terkait dalam pengelolaan sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber informasi dari penelitian ini diperoleh melalui informan yaitu sebanyak 8 orang. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi. wawancara mendalam, dan telaah dokumen. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi (checklist), dokumentasi (pengambilan gambar), dan panduan wawancara. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi untuk menginterpretasikan data tersebut.
Hasil Penelitian : Unsri belum memiliki kebijakan dan strategi pengelolaan sampah, tidak terdapat organisasi khusus dalam pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya, pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya hanya meliputi bagian penanganan sampah saja, pembiayaan operasional pengelolaan sampah belum dianggarkan secara khusus ke dalam anggaran kas Unsri, dan pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya belum sepenuhnya melibatkan peran serta masyarakat (civitas akademika) Unsri.
Kesimpulan : Pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya belum maksimal apabila dilihat pada UU RI No. 18 Tahun 2008, PP RI No. 81 Tahun 2012, dan SNI 19-2454-2002. Saran penelitian ini sebaiknya kebijakan manajemen terkait pengelolaan sampah di kampus Unsri Inderalaya dibuat ke dalam suatuĀ kebijakan tertulis sebagai langkah awal menuju Kampus Hijau mengingat Unsri yang memiliki visi menuju World Class University.
Kata Kunci : Pengelolaan sampah, kebijakan dan strategi, penanganan sampah, pembiayaan, peran civitas akademika

Full text article

Generated from XML file

Authors

Sartika
Achmad Fickry Faisya
Asmaripa Ainy
1.
Sartika, Faisya AF, Ainy A. Analisis Implementasi Pengelolaan Sampah di Kampus Unsri Inderalaya Tahun 2013. JIKM [Internet]. 2014 Jul. 1 [cited 2024 May 22];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/147

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>