Analisis Perencanaan dan Pengadaan Obat di Puskesmas Pembina Palembang

Dian Safriantini (1) , Asmaripa Ainy (2) , Rini Mutahar (3)
(1) Program Studi IKM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Program Studi IKM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Program Studi IKM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Perencanaan dan pengadaan obat merupakan tahap yang penting dalam pemenuhan kebutuhan obat-obatan di suatu pelayanan kesehatan. Dari 96 jenis permintaan obat dan alat kesehatan (alkes) yang diajukan Puskesmas Pembina Palembang bulan Januari Tahun 2010 terdapat 43 jenis obat yang tidak terpenuhi sesuai dengan yang diminta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mendalam mengenai perencanaan dan pengadaan obat di Puskesmas Pembina Palembang.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam serta observasi. Untuk melihat keabsahan data dilakukan uji validitas dengan triangulasi. Hasil wawancara dikelompokkan didalam kategori yang sama yaitu berdasarkan perencanaan dan pengadaan obat.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan dalam pemilihan obat masih terdapat adanya obat nongenerik. Metode perkiraan kebutuhan obat yang digunakan di Gudang Farmasi Kota (GFK) Palembang yaitu metode konsumsi dan metode epidemiologi. Sedangkan metode perkiraan kebutuhan obat di Puskesmas Pembina Palembang hanya menggunakan metode konsumsi. Sistem dan cara pengadaan obat yang dilakukan di Puskesmas Pembina ada dua yaitu sistem sentralisasi (dari Dinas Kesehatan Kota Palembang) dan desentralisasi (pembelian langsung berdasarkan permintaan dokter spesialis).
Kesimpulan : Perencanaan dan pengadaan obat di Puskesmas Pembina Palembang sudah baik dan sebagian besar sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Diharapkan bagi Dinas Kesehatan obat tetap menggunakan obat generik dan dilakukan pelatihan mengenai pengelolaan obat kepada seluruh petugas pengelola obat puskesmas.
Kata kunci : perencanaan, pengadaan

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dian Safriantini
Asmaripa Ainy
Rini Mutahar
1.
Safriantini D, Ainy A, Mutahar R. Analisis Perencanaan dan Pengadaan Obat di Puskesmas Pembina Palembang. JIKM [Internet]. 2011 Mar. 1 [cited 2024 May 22];2(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/57

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>