Pengembangan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Diploma III Kesehatan Gigi pada Mata Kuliah Praktik Pencabutan Gigi Tetap di Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Gigi Palembang

Masayu Nurhayati (1) , M.Djahir Basir (2) , Hartono (3)
(1) Poltekkes Kemenkes RI Palembang , Indonesia
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Palembang , Indonesia
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Palembang , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, praktik, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa berdasarkan pada silabus dan Satuan Acara Perkuliahan pada mata kuliah Praktik Pencabutan Gigi Tetap.
Metode: Penelitian ini merupakan riset pengembangan. Subjek penelitian adalah silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dalam mata kuliah Praktik Pencabutan Gigi Tetap di Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Gigi pada mahasiswa semester 4 tahun 2010/2011 sebanyak 25 mahasiswa. Silabus dan SAP dikembangkan berdasarkan rancangan 7 tahapan dari kurikulum Taba yakni ; diagnosis kebutuhan, formulasi pokok-pokok, seleksi isi, organisasi isi, seleksi pengalaman belajar, organisasi pengalaman belajar, serta penentuan tentang apa yang harus dievaluasi dan cara untuk melakukannya. Data kemudian diuji menguji validitas, praktikalitas serta efek potensial terhadap hasil pemahaman dan keterampilan mahasiswa pada praktik pencabutan gigi tetap.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa silabus dan SAP valid (4,84), praktis, rata-rata pengetahuan mahasiswa (aspek kognitif) adalah 84,4%, rata-rata nilai ketrampilan mahasiswa dari aspek motorik adalah 84,4% dan aspek afektifnya 86,2%.
Kesimpulan: Disimpulkan bahwa silabus dan SAP dapat digunakan untuk dosen dan mahasiswa karena validitas, praktis dan efek potensial dapat diujicoba pada pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa pada mata kuliah praktik pencabutan gigi tetap.
Kata Kunci : Pengembangan silabus dan Satuan Acara Perkuliahan, validitas, praktik, pengetahuan dan
keterampilan.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Masayu Nurhayati
M.Djahir Basir
Hartono
1.
Nurhayati M, Basir M, Hartono. Pengembangan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Diploma III Kesehatan Gigi pada Mata Kuliah Praktik Pencabutan Gigi Tetap di Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Gigi Palembang. JIKM [Internet]. 2011 Mar. 1 [cited 2024 May 2];2(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/62

Article Details