Perbandingan Kualitas Pelayanan pada Pasien Jamkesmas di Puskesmas Kenten dengan Puskesmas Dempo Palembang
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pemakai jasa pelayanan. Puskesmas Kenten dan Puskesmas Dempo telah melakukan peningkatan kualitas namun tidak diiringi dengan peningkatan pemanfaatannya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Balai Pengobatan Umum Puskesmas Kenten dan Puskesmas Dempo Palembang.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data yang dikumpulkan adalah data cross-sectional. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS dan dilakukan analisa univariat dan bivariat. Sampel pasien Jamkesmas di Balai Pengobatan Umum Puskesmas Kenten dan Puskesmas Dempo Palembang, bulan Januari – Maret 2011 yaitu sebanyak 97 orang.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari hasil uji Mann-Whitney dari 5 dimensi kualitas diperoleh 2 dimensi yang ada perbedaan signifikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yaitu dimensi kehandalan (p-value=0,002) dan bukti fisik (p-value=0,000) dan 3 dimensi yang tidak menunjukan hubungan yang signifikan yaitu dimensi ketanggapan (p-value=0,706), jaminan (p-value=0,494), dan empati (pvalue=0,054).
Kesimpulan: Ada dua dimensi yang mempunyai perbedaan tingkat kepuasan yaitu dimensi Kehandalan dan Bukti Fisik. Saran kepada Puskesmas Kenten agar meningkatkan kinerja dari dimensi ketanggapan dan bukti fisik. Sedangkan Puskesmas Dempo dari dimensi kehandalan, ketanggapan, empati. Dengan cara melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan yang diberikan serta memberikan penghargaan kepada petugas yang berprestasi.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Jamkesmas
Full text article
Authors
Authors who publish with Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (JIKM) agree to the following conditions:
- The author retains the copyright and gives the editorial board the first right to be published with work that is simultaneously licensed under the Creative Commons Linking License that allows others to share (copy and redistribute) material in the media or format an adaptation of the work for any purpose.
- Authors can enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published journal works (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in books), with recognition of the initial publication of this journal.