Analisis Implementasi Kebijakan Jamkesmas pada Puskesmas Gandus Tahun 2009

Mariatul Fadillah (1)
(1) Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat - Ilmu Kedokteran Keluarga Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Derajat kesehatan masyarakat miskin yang masih rendah diakibatkan karena sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan. Kesulitan akses pelayanan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tidak adanya kemampuan secara ekonomi dikarenakan biaya kesehatan memang mahal. Dan untuk menjamin akses penduduk miskin terhadap pelayanan kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, sejak tahun 2008 pemerintah telah mengupayakan untuk mengatasi kendala masyarakat miskin dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan melalui pelaksanaan kebijakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Tujuan Penelitian ini yaitu ntuk mengetahui implementasi kebijakan Jamkesmas di Puskesmas Gandus Kota Palembang pada tahun 2009. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan menggunakan metode kualitatif.
Hasil Penelitian: Terdapat keterpaduan hierarki dari Dinas Kesehatan Kota Palembang dan pihak Puskesmas Gandus Palembang sebagai alat pelaksanaan dalam implementasi kebijakan jamkesmas, terlaksananya programprogram pelayanan jamkesmas berupa promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative, terlaksananya sosialisasi program jamkesmas ke masyarakat tidak mampu, hal ini dapat dilihat dari peran aktif petugas RT dalam pencarian, pendataan, dan pemberian kartu jamkesmas terhadap masyarakat tidak mampu, tidak terjadinya kendala dalam implementasi kebijakan jamkesmas pada Puskesmas Gandus, hal ini terbukti dengan tidak terdatanya kendala pada tahap-tahap implementasi jamkesma Kesimpulan: Saran hasil penelitian ini Puskesmas Gandus tetap berusaha mempertahankan dan meningkatkan kualitas dari pelayanan jamkesmas yang telah dilakukan oleh pelaksana, Pemerintah daerah Kota Palembang diharapkan dapat memberikan penghargaan kepada pihak pelaksana Jamkesmas, dalam hal ini puskesmaspuskesmas yang telah berhasil melaksanakan program jamkesmas.
Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Jamkesmas

Full text article

Generated from XML file

Authors

Mariatul Fadillah
1.
Fadillah M. Analisis Implementasi Kebijakan Jamkesmas pada Puskesmas Gandus Tahun 2009. JIKM [Internet]. 2011 Nov. 1 [cited 2024 Apr. 28];2(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/76

Article Details