Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Persalinan (Jampersal) Tingkat Puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2012

Oka Lesmana S (1) , Misnaniarti (2) , Iwan Stia Budi (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar belakang : Kebijakan Jaminan Persalinan (Jampersal) merupakan kebijakan yang baru berjalan hampir dua tahun sejak Januari tahun 2011. Program Jampersal bertujuan untuk menurunkan AKI dan AKB sesuai dengan target MDGs. Namun pada kenyataannya belum ada perubahan yang signifikan terhadap penurunan AKI dan AKB tahun 2011. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui lebih jauh implementasi kebijakan Jaminan Persalinan di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2012 sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2562/ MENKES/PER/XII/2011 Tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui hasil wawancara mendalam, observasi kualitatif dan telaah dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis isi. Unit penelitiannya adalah dua puskesmas di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dengan jumlah informan sebanyak 7 orang.
Hasil Penelitian : Seluruh informan sudah mengetahui tujuan Jampersal ini dan sebagian besar informan memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan Jampersal. Dalam pelaksanaannya di Dinas Kesehatan dan Puskesmas sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2562/MENKES/PER/XII/2011 Tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan. Namun ada kendala guna pencapaian tujuan Jaminan Persalinan ini antara lain : ketersediaan SDM tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang dilayani, pembayaran klaim selalu terlambat, dan belum beroperasinya RSUD Kabupaten Ogan Ilir menjadi kendala bagi pelayanan persalinan tingkat lanjutan.
Kesimpulan : Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan Jaminan Persalinan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir tahun 2012 masih ditemukan kendala pada input dan proses implementasi Jampersal. Saran untuk Tim Pengelola dan Puskesmas adalah agar dapat menyepakati waktu bersama untuk pembayaran klaim dana Jampersal dan segera mengoperasikan RSUD Kabupaten Ogan Ilir karena kurangnya efektifitas target dan efisiensi waktu jika pelayanan persalinan tingkat lanjutan harus dirujuk ke Rumah Sakit di luar Kabupaten Ogan Ilir.
Kata Kunci : Analisis Implementasi Kebijakan, Jaminan Persalinan.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Oka Lesmana S
Misnaniarti
Iwan Stia Budi
1.
S OL, Misnaniarti, Budi IS. Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Persalinan (Jampersal) Tingkat Puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2012. JIKM [Internet]. 2014 Jul. 1 [cited 2024 Jun. 14];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/143

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>