Analisis Situasi Penduduk Lanjut Usia dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial di Indonesia

Misnaniarti (1)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Hak atas jaminan sosial merupakan salah satu hak warga negara, begitupun pada penduduk lanjut usia (lansia) juga mempunyai hak yang sama dengan penduduk lain. Penduduk lansia yang dibiarkan tanpa adanya jaminan sosial, misalnya tanpa adanya jaminan kesehatan memang rentan menjadi beban masyarakat. Tujuan makalah ini untuk melakukan analisis situasi terhadap populasi lansia di Indonesia dan upaya peningkatan kesejahteraan sosialnya.
Metode: Makalah ini merupakan study literatur, yang diambil dari berbagai sumber terkait topik penduduk lansia dan kebijakan jaminan sosialnya di Indonesia.
Hasil Penelitian: Berdasarkan kajian dari berbagai sumber diketahui bahwa populasi lansia di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup berarti selama 30 tahun terakhir, populasi di tahun 2014 sebanyak 20,7 juta jiwa (sekitar 8,2%). Angka kesakitan lansia sebesar 25,05%. Ada empat penyakit yang sangat erat dengan proses menua yaitu: gangguan sirkulasi darah, gangguan metabolisme hormonal, gangguan pada persendian, serta berbagai macam neoplasma. Sebagian besar lansia (61,7%) masih berperan sebagai kepala rumah tangga. Peran ini dinilai paling berat karena sebagai orang yang bertanggung jawab dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari di rumah tangga. Upaya-upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lansia yang diselenggarakan Pemerintah antara lain: perlindungan sosial, bantuan sosial, pemeliharaan kesejahteraan sosial, dan pemberdayaan.
Kesimpulan: Upaya jaminan sosial bagi lansia masih terbatas karena fokus penyelenggaraannya hanya pada lansia terlantar, dan dinilai belum optimal untuk menangani semua permasalahan kesejahteraan penduduk lansia di Indonesia. Rekomendasi bagi Pemerintah agar secara konsisten melaksanakan upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lansia, sehingga mendukung healthy aging dan active aging.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Misnaniarti
1.
Misnaniarti. Analisis Situasi Penduduk Lanjut Usia dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial di Indonesia. JIKM [Internet]. 2018 Oct. 10 [cited 2024 Feb. 27];8(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/258

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>