Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Usia 10-12 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 33 Palembang

Fitri Ibtiah (1) , Misnaniarti (2) , Fatmalina Febry (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi adalah penyakit kronik dari jaringan keras gigi yang disebabkan demineralisasi email oleh bakteri yang ada pada plak, pada tahap akhir karies ini menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Karies gigi pada anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor luar (kebiasaan menggosok gigi, pengetahuan, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian karies gigi pada anak.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah murid Sekolah Dasar Negeri 33 Palembang tahun 2010 yang berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Uji statistik menggunakan chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kemaknaan ( ) 5%.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan menggosok gigi responden ( -value = 0,004), pengetahuan responden ( -value = 0,002), pendidikan ibu ( -value = 0,042), pengetahuan ibu ( -value = 0,009) dengan kejadian karies gigi di Sekolah Dasar Negeri 33 Palembang.
Kesimpulan: Saran agar para tenaga kesehatan dapat memberikan memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara periodik melalui program UKGS.
Kata kunci: Karies Gigi, Kebiasaan Menggosok Gigi, Pengetahuan, Pendidikan.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Fitri Ibtiah
Misnaniarti
Fatmalina Febry
1.
Ibtiah F, Misnaniarti, Febry F. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Usia 10-12 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 33 Palembang. JIKM [Internet]. 2011 Nov. 1 [cited 2024 Feb. 27];2(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/81

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>