Media Efektif untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Latar Belakang: Remaja perempuan menjadi perhatian karena jumlah mereka yang besar dan lebih rentan terhadap risiko gangguan kesehatan reproduksi. Leaflet dan flipchart adalah media yang bisa dipakai sebagai media pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang penggunaan toilet dan kesehatan organ genital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan penggunaan toilet dan kesehatan organ genital dengan media Leaflet dan flipchart terhadap pengetahuan dan sikap. Metode: Metode penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 105 siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Grobogan yang dibagi secara purposif ke dalam tiga kelompok.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pengetahuan kelompok leaflet meningkat 7,86 dan kelompok flipchart meningkat 4,57. Rata-rata skor sikap kelompok leaflet meningkat 7,00 dan kelompok flipchart meningkat 3,85. Secara statistik, leaflet (p=0,000) dan flipchart (p=0,022) efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pendidikan penggunaan toilet dan kesehatan organ genital antara sebelum dan setelah intervensi.
Kesimpulan: Institusi kesehatan dan pendidikan hendaknya aktif mensosialisasikan dan mengembangkan media leaflet dan flipchart sebagai upaya pelaksanaan program Komunikasi Informasi edukasi terkait kesehatan reproduksi di sekolah.
Full text article
Authors
Authors who publish with Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (JIKM) agree to the following conditions:
- The author retains the copyright and gives the editorial board the first right to be published with work that is simultaneously licensed under the Creative Commons Linking License that allows others to share (copy and redistribute) material in the media or format an adaptation of the work for any purpose.
- Authors can enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published journal works (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in books), with recognition of the initial publication of this journal.