Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja di Bagian Pengantongan dan Penyimpanan Urea (PPU) ¾ PT. Pusri Palembang

Kritmas Situmorang (1) , Hamzah Hasyim (2) , Rico Sitorus (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Penggunaan teknologi canggih dapat memberikan kemudahan dalam produksi dan meningkatkan produktivitas, tetapi dapat menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Pengendalian secara eliminasi, substitusi, teknis, administrasi dan penggunaan alat pelindung diri (APD) merupakan upaya yang digunakan untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Pengendalian dengan menghilangkan atau mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja merupakan cara yang terbaik tetapi sulit dilakukan sepenuhnya sehingga digunakan APD.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Data diolah dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, dianalisis secara analitik dengan menggunakan uji Chi square. Penelitian ini dilakukan pada 81 pekerja di Pengantongan dan penyimpanan urea (PPU) ¾ PT. Pusri Palembang yang bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan APD.
Hasil Penelitian: Dari analisis uji Chi square diketahui, ada hubungan umur dengan penggunaan APD (p value 0,05), tidak ada hubungan pendidikan dengan penggunaan APD (P value 1,000), ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan APD (P value 0,002), tidak ada hubungan sikap dengan penggunaan APD (p value 1,000) dan ada hubungan masa kerja dengan penggunaan APD (P value 0,01).
Kesimpulan: Peningkatan pengawasan terhadap penggunaan APD dan memberikan sanksi yang lebih ketat kepada pekerja yang tidak menggunakan APD. Memberikan pelatihan APD kepada pekerja sehingga mereka semakin tahu manfaat APD. Menyediakan APD sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.
Kata kunci: penggunaan APD, PT. Pusri

Full text article

Generated from XML file

Authors

Kritmas Situmorang
Hamzah Hasyim
Rico Sitorus
1.
Situmorang K, Hasyim H, Sitorus R. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja di Bagian Pengantongan dan Penyimpanan Urea (PPU) ¾ PT. Pusri Palembang. JIKM [Internet]. 2010 Jul. 1 [cited 2024 May 19];1(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/33

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>