Hubungan Shift Kerja dengan Kelelahan Kerja dan Perubahan Tekanan Darah pada Perawat Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bukit Asam Tanjungenim Tahun 2009

Harry Cahya Maulana (1) , Rico Januar Sitorus (2) , Hamzah Hasyim (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Bagian K3KL Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Bagian K3KL Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Shift kerja dapat menyebabkan kelelahan dan mempengaruhi perubahan tekanan darah pekerja. Perubahan jadwal kegiatan dari siang ke malam pada pekerja shift menyebabkan kacaunya pola sirkadian yang berakibat terganggunya berbagai fungsi tubuh, termasuk menimbulkan kelelahan dan penurunan tekanan darah terutama pada pekerja shift malam.
Metode: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan shift kerja dengan kelelahan kerja perawat Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bukit Asam Tanjung Enim dan mengetahui perbedaan perubahan tekanan darah antara perawat shift pagi, sore, dan malam. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Kuisioner digunakan untuk mengetahui karakteristik responden dan shift kerja, reaction timer untuk mengukur tingkat kelelahan dan sphygnomanometer untuk mengukur tekanan darah.
Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Chi-square diperoleh nilai P value = 0,034 yang menunjukkan ada hubungan antara shift kerja dengan kelelahan kerja. Berdasarkan uji Anova diperoleh nilai P value = 0,441 yang menunjukkan tidak ada perbedaan perubahan tekanan darah antara perawat shift pagi, sore, dan malam.
Kesimpulan: Saran yang diberikan adalah pergantian shift dilakukan 3 hari sekali, lama kerja di masing-masing shift 8 jam, perawat shift malam diberikan makanan tambahan dan dilakukan pemeriksaan kesehatan 6 bulan sekali. Perawat hendaknya tidur satu jam sebelum bekerja dan meluangkan waktu tidur secara bergantian pada shift malam, rutin menimbang berat badan dan menjaga kebugaran fisik.
Kata kunci: shift kerja, kelelahan kerja, perubahan tekanan darah

Full text article

Generated from XML file

Authors

Harry Cahya Maulana
Rico Januar Sitorus
Hamzah Hasyim
1.
Maulana HC, Sitorus RJ, Hasyim H. Hubungan Shift Kerja dengan Kelelahan Kerja dan Perubahan Tekanan Darah pada Perawat Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bukit Asam Tanjungenim Tahun 2009. JIKM [Internet]. 2010 Jul. 1 [cited 2024 Jun. 21];1(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/39

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>