Faktor Manusia dan Faktor Pekerjaan Berhubungan dengan Penyebab Kecelakaan Kerja pada Pekerja Kemplang (Home Industry) di Desa Tebing Gerinting Tahun 2011

Jaji (1)
(1) , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Pekerja informal merupakan "underserved working population" dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan kerja seperti yang diharapkan, padahal sekitar 80% dari pekerja adalah pekerja informal. Masalah yang terjadi pada pekerja salah satunya adalah kecelakaan kerja. Kejadian kecelakaan kerja rata-rata 6000 orang meninggal setiap hari, setara dengan satu orang setiap 15 detik, atau 2,2 juta orang per tahun. Sumatra Selatan dalam bulan Januari–September 2008 mencapai 4 kasus per hari, terbilang sangat tinggi untuk sebuah provinsi yang memiliki sekitar 5.481 perusahaan. Tingginya angka kejadian kecelakaan kerja disebabkan faktor manusia dan faktor pekerjaan.
Metode : Merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Semua variabel dinilai secara simultan pada satu saat, jadi tidak ada follow up. Berdasarkan hasil perhitungan besar sampel, maka besar sampel adalah 38 responden.
Hasil : Didapatkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara usia dengan kejadian kecelakaan, ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan kejadian kecelakaan, tidak ada hubungan yang signifikan antara usia dengan kejadian kecelakaan, ada hubungan yang signifikan antara lama kerja dengan kejadian kecelakaan, tidak ada hubungan yang signifikan antara pengolahan dengan pemanggangan, dan ada hubungan yang signifikan antara sift kerja dengan kejadian kecelakaan.
Kesimpulan : Ada beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan kerja antara lain jenis kelamin, lama kerja dan sift kerja. Saran bagi para pengelola kemplang agar lebih peduli terhadap masalahmasalah yang akan di timbulkan oleh pekerjaan, pekerja, ataupun lingkungan. Program UKK (upaya kesehatan kerja) puskesmas dilaksanakan seoptimal mungkin, untuk meminimalkan kejadian kecelakaan, antara lain dengan pelatihan atau penyuluhan kesehatan kerja.
Keyword : Faktor manusia, faktor pekerjaan, kecelakaan kerja, industri rumah tangga

Full text article

Generated from XML file

Authors

Jaji
1.
Jaji. Faktor Manusia dan Faktor Pekerjaan Berhubungan dengan Penyebab Kecelakaan Kerja pada Pekerja Kemplang (Home Industry) di Desa Tebing Gerinting Tahun 2011. JIKM [Internet]. 2012 Mar. 1 [cited 2024 Apr. 28];3(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/86

Article Details