Upaya Keluarga dalam Pencegahan Penularan Tuberkulosis (TB) Paru ke Anggota Keluarga Lainnya di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Pagaralam Tahun 2010

Jaji (1)
(1) Program Studi Ilmu Keperawatan FK Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Menurut data dari Dinas Kesehatan kota Pagaralam jumlah penderita TB Paru tiga tahun terakhir dari tahun 2007-2009 berjumlah 182 orang penderita. Penyakit TB Paru sangat rawan untuk terjadi penularan terhadap orang-orang terdekat pasien seperti pada keluarga penderita TB Paru, oleh karena itu perlu diketahui secara mendalam mengenai pengalaman keluarga dalam upaya pencegahan penularan TB Paru ke anggota keluarga lainnya di wilayah kerja Puskesmas Sidorejo Pagaralam tahun 2010.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan metode observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam pengetahuan mengenai penyakit TB Paru, cara penularan TB Paru, cara pencegahan penularan TB Paru dan tindakan yang dilakukan keluarga untuk mencegah penularan penyakit TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Sidorejo Pagaralam tahun 2010.
Hasil Penelitian :Hasil penelitian ini adalah tindakan yang telah dilakukan keluarga dalam upaya pencegahan penularan TB Paru adalah dengan membuka jendela rumah setiap hari, menjemur kasur yang dipakai penderita TB Paru secara rutin, mengingatkan pasien penderita TB Paru untuk menutup mulut saat batuk, menyiapkan tempat khusus untuk pasien penderita TB Paru membuang dahak dan melakukan imunisasi pada balita di rumah.
Kesimpulan: Saran hasil penelitian ini untuk Puskesmas Sidorejo Pagaralam agar dapat menambah dan memodifikasi program penanggulangan TB Paru. Selain itu perlu dilakukan pengawasan secara berkala atau kunjungan rumah secara rutin untuk memantau pengobatan dan pencegahan penularan TB Paru yang dilakukan keluarga di rumah.
Kata Kunci :Tuberkulosis, penyakit menular, pencegahan, batuk, dahak

Full text article

Generated from XML file

Authors

Jaji
1.
Jaji. Upaya Keluarga dalam Pencegahan Penularan Tuberkulosis (TB) Paru ke Anggota Keluarga Lainnya di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Pagaralam Tahun 2010. JIKM [Internet]. 2010 Nov. 1 [cited 2024 Jun. 12];1(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/45

Article Details