Penggunaan Narkotika Mendukung Perilaku-Perilaku Berisiko

Rico Januar Sitorus (1)
(1) Departemen Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Penyalahgunaan narkotika merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting karena dapat mengakibatkan ketergantungan, kerugian ekonomi, kerugian kesehatan dan dampak sosial penyalahgunaan narkotika memberikan perubahan terhadap perilaku si pengguna. Perubahan perilaku pengguna narkotika lebih cenderung ke perilaku negatif yang mendukung terjadinya masalah baik kesehatan ataupun hubungan sosial. Tujuan studi ini adalah menggambarkan penggunaan narkotika mendorong perilaku-perilaku berisiko.
Metode: Makalah ini merupakan study literature dari berbagai sumber terkait dengan penggunaan narkotika.
Hasil Penelitian: Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku merokok dan minum alkohol berhubungan dengan penyalahgunaan narkotika. Perilaku seksual berisiko juga banyak dilakukan oleh para pecandu narkotika. Perilaku-perilaku berisiko ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikologis para pecandu narkotika. Dampak buruk yang dapat terjadi dari penyalahgunaan zat ini yaitu dari terganggunya kesehatan karena ketergantungan hingga dapat menyebabkan kematian bagi para pemakainya, rusaknya generasi penerus bangsa mengingat sebagian besar pemakainya adalah generasi muda, dan pada keadaan tertentu dapat menyebabkan terjadinya penularan infeksi HIV/AIDS .
Kesimpulan: Untuk mencegah dampak buruk yang diakibatkan penggunaan narkotika dan perilaku-perilaku berisiko, dianjurkan untuk meningkatkan self efficacy, dukungan keluarga untuk pemulihan, menjauhkan diri dari pengaruh kelompok pergaulan sebelumnya dan menjalani rehabilitasi.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Rico Januar Sitorus
ciocianathan@gmail.com (Primary Contact)
1.
Januar Sitorus R. Penggunaan Narkotika Mendukung Perilaku-Perilaku Berisiko. JIKM [Internet]. 2016 Mar. 1 [cited 2024 Mar. 1];7(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/151

Article Details