Perilaku Merokok pada Remaja: Kajian Faktor Sosio Psikologis

Fenny Etrawati (1)
(1) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Remaja adalah mereka yang berada pada rentang usia 10-24 tahun dan dikelompokkan menjadi remaja awal, tengah dan akhir. Dalam perkembangannya, terjadi berbagai proses perubahan biologis maupun psikologis yang mengacu pada proses pencarian jati diri pada remaja. Pada masa ini, remaja rentan terjerumus dalam perilaku merokok. Riset Kesehatan Dasar Indonesia (2008) mendeteksi 23,7% penduduk umur > 10 tahun merokok setiap hari. Oleh karena itu perlu dikaji berbagai faktor sosio psikologis yang mempengaruhi perilaku merokok remaja.
Pembahasan: Telaah ini menemukan bahwa faktor psikososial (pengetahuan, sikap, pengaruh teman, pengaruh orang tua, media massa dan kebudayaan) memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembentukan perilaku merokok pada remaja.
Kesimpulan: Dalam rangka menanggulangi perilaku merokok pada remaja maka dalam proses perkembangannya, remaja perlu dibekali dengan informasi yang cukup mengenai dampak kesehatan akibat rokok terutama bisa diinisiasi di rumah ataupun di sekolah.
Kata Kunci: remaja, perilaku merokok, faktor sosio psikologis

Full text article

Generated from XML file

Authors

Fenny Etrawati
1.
Etrawati F. Perilaku Merokok pada Remaja: Kajian Faktor Sosio Psikologis. JIKM [Internet]. 2018 Oct. 3 [cited 2024 Feb. 27];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/134

Article Details