Hubungan Kunjungan Antenatal Care dengan Persalinan Sectio Caesarea di Indonesia (Analisis Data SDKI 2012)

Ririn Fratiwi Febbryanti S (1) , Nur Alam Fajar (2) , Indah Purnama Sari (3)
(1) Fakultas Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Fakultas Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Angka sectio caesarea yang tinggi menjadi masalah kesehatan masyarakat karena dapat meningkatkan risiko pada maternal dan efek samping perinatal. Kunjungan antenatal care berguna untuk memantau kehamilan dan merencanakan persalinan agar diketahui status kehamilan ibu sehingga dapat mendeteksi dini penyakit dan komplikasi pada ibu dalam menentukan tindakan persalinan. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kunjungan ANC dengan persalinan SC di Indonesia pada data SDKI 2012.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan data sekunder dengan kriteria inklusi wanita umur subur 15-49 tahun dan pernah melahirkan anak hidup 5 tahun terakhir survei. Desain studi cross-sectional dengan sampel 12.536 ibu yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data penelitian dilakukan dengan complex sample univariat, bivariat uji chi-square dan multivariat uji regresi logistik model faktor risiko.
Hasil Penelitian: Hasil analisis ada hubungan signifikan antara wanita yang melakukan kunjungan antenatal care tidak lengkap dengan persalinan sectio caesarea. Namun, hubungan ini sebagai faktor protektif, artinya ibu yang melakukan kunjungan antenatal care tidak lengkap menurunkan risiko 0,742 kali lebih kecil untuk melakukan persalinan sectio caesarea dibandingkan ibu yang melakukan kunjungan antenatal lengkap setelah dikontrol dengan sosial ekonomi keluarga, daerah tempat tinggal, pendidikan ibu, umur ibu, paritas, dan komplikasi selama kehamilan.
Kesimpulan: Kunjungan antenatal care memiliki hubungan signifikan dengan persalinan sectio caesarea di Indonesia setelah dikontrol sosial ekonomi keluarga, daerah tempat tinggal, pendidikan ibu, umur ibu, paritas, dan komplikasi selama kehamilan. Dilakukan upaya promosi kesehatan dalam advokasi kebijakan, bina suasana dan gerakan pemberdayaan masyarakat.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Ririn Fratiwi Febbryanti S
ririn.frafebs@yahoo.com (Primary Contact)
Nur Alam Fajar
Indah Purnama Sari
1.
Fratiwi Febbryanti S R, Alam Fajar N, Purnama Sari I. Hubungan Kunjungan Antenatal Care dengan Persalinan Sectio Caesarea di Indonesia (Analisis Data SDKI 2012). JIKM [Internet]. 2016 Jul. 1 [cited 2024 May 19];7(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/177

Article Details

Most read articles by the same author(s)