Keikutsertaan Program Kesehatan Lansia Ditinjau dari Biaya, Kepuasan Pelayanan dan Harapan Pasien di Puskesmas Nanggulan Kabupaten Kulon Progo

Dina Fitriana Rosyada (1) , Savitri Citra Budi (2)
(1) Prodi Diploma Rekam Medis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada , Indonesia
(2) Prodi Diploma Rekam Medis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Salah satu upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan. Cakupan pemanfaatan pelayanan pasien bagi lanjut usia di Puskesmas Nanggulan tergolong masih rendah. Rendahnya cakupan tersebut tentunya disebabkan oleh hal yang mendasar berkenaan dengan pemilihan sarana pelayanan kesehatan seperti adanya pertimbangan biaya, harapan pasien dan kepuasan pada kualitas pelayanan sarana pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh alasan pendasaran pemilihan sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas Nanggulan terhadap keikutsertaan dalam program lansia.
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Besar sampel penelitian ini ada 50 lansia. Besar sampel tersebut dihitung menggunakan rumusan teknik random sampling. Variabel dependen penelitian adalah keikutsertaan lansia pada program lansia dan variabel independen penelitian adalah pertimbangan biaya, harapan pasien dan kepuasan kualitas pelayanan di Puskesmas Nanggulan. Analisis Statistik menggunakan uji regresi logistik.
Hasil Penelitian: Analisis statistik menggunakan uji logistik regresi variabel yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan program kesehatan lansia di Puskesmas Nanggulan adalah variabel kepuasan pasien.
Kesimpulan: Lansia memilih Puskesmas Nanggulan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan namun meski demikian tidak langsung berpengaruh terhadap keikutsertaan mereka pada program lansia karena adanya faktor akses atau jarak rumah dengan Puskesmas Nanggulan. Keikutsertaan program lansia lebih dipengaruhi oleh adanya kepuasan pelayanan..

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dina Fitriana Rosyada
Savitri Citra Budi
1.
Fitriana Rosyada D, Citra Budi S. Keikutsertaan Program Kesehatan Lansia Ditinjau dari Biaya, Kepuasan Pelayanan dan Harapan Pasien di Puskesmas Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. JIKM [Internet]. 2018 Mar. 1 [cited 2024 Mar. 29];9(1):11-20. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/242

Article Details