Analisis Sistem Informasi Cakupan Imunisasi Rutin di Puskesmas Dempo Palembang

Vaseta Eka Pardana (1) , Asmaripa Ainy (2)
(1) Alumni Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Pemerintah menetapkan salah satu indikator Indonesia Sehat 2010 adalah cakupan Universal Child Imunizations atau UCI. Untuk mengetahui keefektifan pencapaian indikator tersebut, dibutuhkan informasi yang cepat, tepat, dan relevan serta valid dan reliabel. Namun pada kenyataannya informasi yang baik sulit untuk dihasilkan. Pengaplikasian sistem informasi online di puskesmas telah diterapkan di beberapa puskesmas di Kota Palembang termasuk di Puskesmas Dempo. Akan tetapi pelaksanaannya kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam gambaran dan kendala sistem informasi cakupan imunisasi rutin.
Metode: Merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam, telaah dokumen serta studi kepustakaan, FGD dan pengamatan. Jumlah informan ada 10 orang, terdiri dari kepala puskesmas, koordinator imunisasi, petugas pengolah data imunisasi dan petugas pengolah data puskesmas, dan keluarga pasien imunisasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, metode, dan data. Analisis data dilakukan sesuai dengan topik bahasan. Hasil penelitian: Sistem informasi cakupan imunisasi rutin di Puskesmas Dempo sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya : kekurangan tenaga imunisasi, kerusakan sistem informasi online, tidak adanya protap SIK tertulis, belum diikutsertakannya petugas imunisasi dalam pelatihan SIK dan kendala yang muncul dalam proses pengolahan maupun analisis data yang bersifat human error.
Kesimpulan: Secara umum sistem informasi cakupan imunisasi rutin di Puskesmas Dempo sudah berjalan dengan baik.
Saran-saran antara lain : diperbaikinya peralatan penunjang SIK online yang rusak, penambahan  sumber daya manusia yakni petugas imunisasi, dan tersedianya buku pedoman Siknas atau Sikda yang diberikan kepada Puskesmas Dempo sebagai acuan dalam melaksanakan sistem informasi kesehatan, dan adanya kontrol untuk kegiatan pengolahan maupun analisis data sehingga memperkecil tingkat human error.
Kata kunci : Sistem informasi, Imunisasi, Puskesmas

Full text article

Generated from XML file

Authors

Vaseta Eka Pardana
Asmaripa Ainy
1.
Pardana VE, Ainy A. Analisis Sistem Informasi Cakupan Imunisasi Rutin di Puskesmas Dempo Palembang. JIKM [Internet]. 2011 Jul. 1 [cited 2024 May 1];2(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/66

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>