Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Program Gizi di Posyandu oleh Ibu yang Mempunyai Anak Balita pada Wilayah Kerja Puskesmas Kertapati

Dwi Fatmawati (1) , Fatmalina Febry (2) , Misnaniarti (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Program gizi di posyandu merupakan bagian dari pembangunan kesehatan yang merupakan program pemerintah. Pemanfaatan program gizi di posyandu secara optimal oleh masyarakat secara tidak langsung mampu mengatasi masalah gizi yang terjadi selama ini di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan program gizi di posyandu oleh ibu yang mempunyai anak balita.
Metode: Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara proportional sampling dengan jumlah sampel sebesar 89 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan uji Kai Kuadrat.
Hasil Penelitian: Variabel yang secara statistik berhubungan secara bermakna dengan pemanfaatan program gizi di posyandu yaitu variabel: umur balita (p-value=0,01,RP=3,53), pengetahuan (p-value=0,01, RP=3,49), sikap (pvalue=0,02, RP=3,07), persepsi (p-value=0,03, RP=2,84) dan perilaku petugas posyandu (p-value=0,03, RP=2,85).
Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini, perlu adanya peningkatan motivasi dan kualitas pelayanan dari petugas kesehatan pada saat kegiatan posyandu terutama upaya-upaya promosi kesehatan.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Program gizi, Posyandu

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dwi Fatmawati
Fatmalina Febry
Misnaniarti
1.
Fatmawati D, Febry F, Misnaniarti. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Program Gizi di Posyandu oleh Ibu yang Mempunyai Anak Balita pada Wilayah Kerja Puskesmas Kertapati. JIKM [Internet]. 2011 Jul. 1 [cited 2024 May 1];2(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/69

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>