Status Gizi dan Aktivitas Fisik dengan Status Hidrasi Pada Remaja di SMA Negeri 5 Kota Jambi

Merita (1) , Aisah (2) , Siti Aulia (3)
(1) Program Studi Ilmu Gizi, STIKES Baiturrahim Jambi , Indonesia
(2) Program Studi Ilmu Gizi, STIKES Baiturrahim Jambi , Indonesia
(3) Program Studi Ilmu Gizi, STIKES Baiturrahim Jambi , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Hidrasi adalah kondisi dimana orang sehat yang menjaga keseimbangan air. Sekitar 46,1% remaja di indonesia mengalami dehidrasi ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan aktivitas fisik dengan status hidrasi di SMA Negeri 5 Kota Jambi.                        
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari univariat dan bivariat (spearman correlation test).
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 56,7% siswa berstatus gizi normal, 47,8% siswa melakukan aktivitas fisik sedang, 57,8% siswa terhidrasi. Berdasarkan analisis bivariat diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan status hidrasi pada remaja (p value= 0,026), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik  dengan status hidrasi pada remaja (p value= 0,208).
Kesimpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan status hidrasi dan tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status hidrasi pada remaja. Disarankan kepada semua siswa untuk memantau berat badan dan melakukan aktivitas fisik secara rutin disertai konsumsi air minum minimal 8 gelas per hari.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Merita
Aisah
Siti Aulia
1.
Merita M, Aisah A, Aulia S. Status Gizi dan Aktivitas Fisik dengan Status Hidrasi Pada Remaja di SMA Negeri 5 Kota Jambi. JIKM [Internet]. 2020 Jul. 16 [cited 2024 Jul. 18];9(3):207-15. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/313

Article Details