Analisis Adar Timbal (pb) dalam Rambut dan Hipertensi pada Pekerja PT Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati

Dini Arista Putri (1) , Amrina Rosyada (2) , Elvi Sunarsih (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati melakukan proses pembongkaran batubara dari kereta ke kapal tongkang. Kemudian dari kapal tongkang batubara yang didistribusikan untuk digunakan sebagai pembangkit Listrik. Timbal dalam Batubara yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya hipertensi karena langsung mempengaruhi sistem peredaran darah, sehingga penelitian inibertujuan untuk menganalisis adanya kandungan Timbal di batubara yang terakumulasi pada rambut pekerja PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati yang dihubungkan dengan penyakit hipertensi.
Metode: Penelitian ini dilakukan di PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati menggunakan desain crosssectional dengan jumlah sampel sebesar 38 orang dengan analisis multivariat, dimana pengumpulan data sampel rambut dianalisis menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) dan kuesioner yang dibagikan kepada responden.
Hasil Penelitian: Hasil analisis statistik menunjukkan setiap kenaikan 1 tahun usia risiko meningkat 1,15 kali untuk menderita hipertensi, IMT kategori over weight berisiko 5,87 kali untuk menderita hipertensi dibandingkan IMT normal. Kebiasaan minum kopi berisiko 1,4 kali untuk menderita hipertensi, setiap kenaikan 1 tahun masa kerja risiko meningkat 1 kali untuk menderita hipertensi.
Kesimpulan: Kadar timbal di rambut dengan hipertensi, setiap kenaikan 1 satuan kadar timbal risiko hipertensi menurun sebesar 0,975 dengan faktor perancu yaitu usia. Sehingga perlunya penggunaan masker pada pekerja sekitar area produksi batubara untuk mengurangi paparan timbal.





 

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dini Arista Putri
Amrina Rosyada
Elvi Sunarsih
1.
Arista Putri D, Rosyada A, Sunarsih E. Analisis Adar Timbal (pb) dalam Rambut dan Hipertensi pada Pekerja PT Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati. JIKM [Internet]. 2018 Mar. 1 [cited 2024 May 22];9(1):21-7. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/243

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>