Kajian Kandungantimbal dalam Air Sumur Gali di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sukawinatan Kota Palembang

Maksuk (1) , Suzanna (2)
(1) Poltekkes Kemenkes Palembang , Indonesia
(2) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Palembang , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Tempat pembuangan akhir sampah merupakan tempat akhir untuk menimbun berbagai jenis sampah. salah satu jenis sampah tersebut berupa logam berat diantaranya timbal. Timbal merupakan salah satu logam berat yang sangat beracun bagi manusia terutama anak – anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan logam berat timbal dalam sumur gali masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kota Palembang.
Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Contoh uji diambil dari 5 jarak dengan kriteria jarak 100 meter, 200 meter, 300 meter, 400 meter dan 500 meter dari TPA, jumlah contoh uji sebanyak 15 sumur gali, teknik pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling. Pengujian kandungan timbal dilakukan di laboratorium menggunakan Atomic Absorption Spectrometry (AAS) dengan metode SNI 6969.8.2000. Pengukuran pH dan suhu dilakukan secara in situ, sedangkan untuk kondisi konstruksi sumur gali dan kualitas fisik air sumur menggunakan lembar observasi.
Hasil: Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kondisi konstruksi sumur gali yang tidak memenuhi syarat konstruksi sebanyak 93,3%,tetapi kualitas fisik air sumur gali (warna, bau dan rasa)memenuhi syarat kesehatan. Rerata kandungan timbal dalam sumur gali masyarakat yaitu 0,03 mg/L dengan rentang nilai yaitu 0,012 – 0,052 mg/L, dari 15 sumur gali ada 1 sumur yang melebihi nilai baku mutu lingkungan, sedangkan pH air sumur gali berkisar antara 3,2 – 6,7. Namun jika kadar timbal dalam sumur gali dibandingkan denganpersyaratan air minum maka semuanya tidak memenuhi syarat untuk air minum.
Kesimpulan: Kandungan timbal dalam air sumur gali masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kota Palembang ditemukan masih berada dibawah baku mutu persyaratan air bersih, hanya ada satu sumur yang kandungan timbal melebihi nilai baku mutu. Oleh karena itu partisipasi  masyarakat dan peran pemerintah setempat diperlukan untuk melakukan pengolahan air sumur dan memperbaiki konstruksi sumur gali masyarakat yang berada di sekitar pembuangan akhir sampah.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Maksuk
maksuk@poltekkespalembang.ac.id (Primary Contact)
Suzanna
1.
Maksuk M, Suzanna S. Kajian Kandungantimbal dalam Air Sumur Gali di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sukawinatan Kota Palembang. JIKM [Internet]. 2018 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 23];9(2):107-14. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/251

Article Details