Hubungan Sanitasi Perumahan dengan Keberadaan Jentik Aedes sp. di Wilayah Kerja Puskesmas Kutaraya Kayu Agung

Main Article Content

Dhita Herlyana
Elvi Sunarsih
Yustini Ardillah

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan sanitasi tidak terlepas dari lingkungan perumahan yang menjadi tempat atau sumber permasalahan sanitasi. Masalah sanitasi tersebut seperti kepadatan jentik yang berada di lingkungan sekitar perumahan. Tujuan dari penelitian ini menganalisis hubungan sanitasi perumahan dengan keberadaan jentik Aedes sp. di wilayah Puskesamas Kutaraya Kayu Agung.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain studycross-sectional, populasi adalah seluruh rumah atau bangunan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kutaraya dan sampel sebanyak 101 rumah dan bangunan yang sudah diperhitungkan menggunakan rumus uji hipotesis dua proporsi. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan checkilst kemudian analisis data yang dilakukan adalah univariat, bivariat menggunakan chi square test danFisher Exact.
Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan antara keberadaan barang bekas dengan kepadatan jentik Aedes sp. ρ-value (0,001), keberadaan tempat penampungan air/ kontainer dengan kepadatan jentik dengan ρ-value (0,000) dan terdapat hubungan antara keberadaan pakaian menggantung dengan kepadatan jentik Aedes sp. dengan ρ-value (0,002). Nilai DF pada tingkat 6 dan 7, HI sebesar 43% dan BI 72%.
Kesimpulan: Variabel yang berhubungan dengan kepadatan jentik Aedes sp. yaitu keberadaan barang bekas, keberadaan tempat penampungan air/kontainer dan keberadaan pakaian tergantung. Saran dari hasil penelitian ini antara lain menjaga dan memperhatikan kondisi sanitasi lingkungan agar terhindar dari tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD sehingga dapat menurunkan jumlah populasi dari nyamuk tersebut.
Kata kunci: Sanitasi, jentik Aedes sp.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
1.
Herlyana D, Sunarsih E, Ardillah Y. Hubungan Sanitasi Perumahan dengan Keberadaan Jentik Aedes sp. di Wilayah Kerja Puskesmas Kutaraya Kayu Agung. JIKM [Internet]. 2015 Nov. 1 [cited 2022 Nov. 26];6(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/215
Section
Articles