Studi Komparatif Perilaku Buang Air Besar pada Masyarakat yang Telah dan Belum Menerapkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Inderalaya

Resti Irmalasari (1) , Najmah (2) , Nur Alam Fajar (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Sanitasi merupakan salah satu tantangan bagi negara berkembang. Menurut, laporan MDG tahun 2007, sekitar 70 juta orang masih mempraktikan buang air besar sembarangan. Hasil studi ISSDP 47% masyarakat berperilaku buang air besar ke tempat terbuka. Hal ini tentunya berkontribusi terhadap tingginya angka – penyakit berbasis sanitasi seperti diare. Sebagai bentuk intervensi yang telah dilakukan pemerintah adalah program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat(STBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku buang air besar (BAB), antara masyarakat yang telah dan belum menerapkan program STBM di Kecamatan Inderalaya tahun 2010.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode penelitian yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner pada masyarakat. Data dikumpulkan dan diolah dengan menggunakan program SPSS dan dilakukan analisis univariat dan bivariat dan multivariat. Sampel penelitian adalah masyarakat Desa Ulak Segelung (STBM) yang berjumlah 74 orang dan masyarakat Desa Tanjung Agung (Non STBM) yang berjumlah 72 orang.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan,(Pvalue<0,0001), sikap(Pvalue<0,0001), ketersedian jamban (Pvalue<0,0001) dan perilaku (Pvalue<0,0001), antara masyarakat Desa Ulak Segelung (STBM) dan masyarakat Desa Tanjung Agung (Non STBM).
Kesimpulan: Hasil analisis regresi logistik menunjukan bahwa variabel pengetahuan (Pvalue<0,0001) merupakan variabel dominan yang mempengaruhi perilaku masyarakat.
Kata kunci : STBM, pengetahuan, sikap, perilaku buang air besar, ketersedian jamban

Full text article

Generated from XML file

Authors

Resti Irmalasari
Najmah
Nur Alam Fajar
1.
Irmalasari R, Najmah, Fajar NA. Studi Komparatif Perilaku Buang Air Besar pada Masyarakat yang Telah dan Belum Menerapkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Inderalaya. JIKM [Internet]. 2011 Nov. 1 [cited 2024 Apr. 27];2(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/79

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>