Respon Adaptasi Molekuler Imunitas Tubuh Penduduk yang Berada di Lingkungan Terpapar Polusi Udara

M. Zulkarnain (1) , Rostika Flora (2)
(1) Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Perindustrian di berbagai wilayah dunia telah berpengaruh terhadap polusi atau
pencemaran udara. Paparan polusi udara secara terus-menerus dapat mengakibatkan penurunan sistem imun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon molekuler imunitas tubuh penduduk yang berada di lingkungan terpapar polusi udara.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang tinggal di sekitar Pabrik Karet Gandus dan TPA sampah Sukawinatan Palembang yang berjumlah 60 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Pemeriksaan kadar TNF-α dan IL-6 menggunakan teknik ELISA Human kit, pengukuran kadar H2S dilakukan pada jarak 250 meter, dengan metode biru metilen.
Hasil Penelitian: Kadar H2S di sekitar TPA Sampah Sukawinatan (0,428 ppm) lebih tinggi dibandingkan kadar H2S disekitar Pabrik Karet Gandus (0,332 ppm). Tidak terdapat perbedaan yang bermakna rerata kadar TNF-α (p=0,701) dan rerata kadar IL-6(p=0,618) antara kedua lokasi. Nilai korelasi karakteristik responden dengan kadar TNF-α dan kadar IL-6 di dua lokasi penelitian sangat lemah dan tidak bermakna secara statistik. Nilai korelasi antara dengan IL-6 sangat lemah dan tidak bermakna secara statistik di sekitar Pabrik Karet Gandus (r= 0,284; p=0,128) dan di sekitar TPA sampah Sukawinatan (r=-0,258;p=0,169).
Kesimpulan: Meskipun kadar H2S di sekitar TPA Sampah Sukawinatan lebih tinggi, diharapkan penduduk yang berada disekitar Pabrik karet dan TPA sampah menggunakan alat pelindung diri seperti masker saat berada diluar rumah dan menjaga asupan nutrisi dengan baik agar kekebalan tubuh terjaga.
Kata kunci: Hidrogen Sulfida, tumor necrosis factor-alpha, interleukin-6.

Full text article

Generated from XML file

Authors

M. Zulkarnain
Rostika Flora
rostikaflora@gmail.com (Primary Contact)
1.
M. Zulkarnain, Flora R. Respon Adaptasi Molekuler Imunitas Tubuh Penduduk yang Berada di Lingkungan Terpapar Polusi Udara. JIKM [Internet]. 2018 Jul. 1 [cited 2024 May 23];9(2):150-6. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/256

Article Details