Studi Prevalensi Kejadian Hipertensi pada Posbindu di Wilayah Kerja BTKLPP Kelas I Palembang

Eni Puspita Sari (1) , Rico Januar Sitorus (2) , Feranita Utama (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Penyakit tidak menular merupakan penyebab utama kematian secara global. Salah satu penyakit tidak menular yaitu hipertensi yang masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat yang turut mempengaruhi kenaikan angka mortalitas dan morbiditas di Kota Palembang. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian hipertensi pada posbindu di wilayah kerja BTKLPP Kelas I Palembang.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi Cross Sectional dengan populasi seluruh penduduk yang berusia > 18 tahun yang bertempat tinggal di wilayah kerja BTKLPP Kelas I Palembang dengan sampel yang sebanyak 101 responden. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis univariat, analisis bivariat dengan menggunakan uji chi square, serta analisis multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik model prediksi.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kejadian hipertensi adalah umur, riwayat keluarga, aktivitas fisik dan stress dan variabel yang tidak berhubungan adalah jenis kelamin, riwayat keluarga, obesitas, kebiasaan merokok, alkohol, dan konsumsi kopi. Variabel umur merupakan variabel yang paling dominan terhadap kejadian hipertensi (OR Adjusted=4,262; 95%CI= 1,378-13,182) setelah dikontrol dengan variabel riwayat keluarga, aktivitas fisik dan stres.
Kesimpulan: Umur, riwayat keluarga, aktivitas fisik, dan stres memiliki hubungan yang signifikan terhadap kejadian hipertensi. Meningkatkan upaya penyuluhan kesehatan terkait faktor risiko kejadian hipertensi, menambah jumlah posbindu yang dibina, meningkatkan penyelenggaraan kegiatan konseling serta aktivitas tertentu yang mendukung peningkatan pola hidup sehat bagi peserta posbindu adalah upaya yang sangat penting dalam menurunkan kasus hipertensi.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Eni Puspita Sari
Rico Januar Sitorus
Feranita Utama
1.
Puspita Sari E, Januar Sitorus R, Utama F. Studi Prevalensi Kejadian Hipertensi pada Posbindu di Wilayah Kerja BTKLPP Kelas I Palembang. JIKM [Internet]. 2017 Jul. 1 [cited 2024 Feb. 27];8(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/265

Article Details