Faktor Risiko Fisik dan Pekerjaan terhadap Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Pembuat Genteng di Desa Gedung Rejo BK. 9 OKU Timur

Anita Agustina (1) , Anita Camelia (2) , Hamzah Hasyim (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Pembuatan Genteng yang dilakukan secara manual dapat berisiko Low back pain. LBP merupakan keluhan yang paling banyak dijumpai pada pekerja khususnya pada kegiatan mengangkat yang masih dilakukan secara manual dan bekerja dengan posisi tubuh yang salah. Keluhan LBP dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor risiko fisik dan pekerjaan.
Metode : Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan disain cross sectional yang dilakukan pada 91pembuat genteng di desa Gedung Rejo BK.9 OKU Timur. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga melakukan tes Lasegue untuk mendukung diagnose LBP. Pengolahan data menggunakan SPSS dengan melakukan analisis univariat, bivariat menggunakan uji chi-square dan photovoice.
Hasil Penelitian : Dari 91 responden terdapat 67 (73,6%) pekerja yang mengalami keluhan LBP, dan 24 (26,4%) pekerja tidak ada keluhan LBP. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara umur dengan keluhan LBP (ρ value = 0,015), postur membuat genteng ρ value = 0,002), postur mengangkat (ρ value = 0,023), berat beban yang diangkat (ρ value = 0,001), masa kerja (0,0001), dan frekuensi ( dengan keluhan LBP. Tidak ada hubungan antara jenis Kelamin (ρ value = 0,116), obesitas (ρ value = 0,152), dan waktu istirahat (ρ value = 0,697) dengan keluhan LBP.
Kesimpulan : Terdapat Hubungan bermakna antara Umur, Postur kerja membuat genteng, postur kerja mengangkat genteng, Berat beban yang diangkat, masa kerja dan Frekuensi angkat dengan keluhan LBP.
Kata Kunci : Low back pain, faktor risiko fisik, pekerjaan, mengangkat.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Anita Agustina
Anita Camelia
Hamzah Hasyim
1.
Agustina A, Camelia A, Hasyim H. Faktor Risiko Fisik dan Pekerjaan terhadap Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Pembuat Genteng di Desa Gedung Rejo BK. 9 OKU Timur. JIKM [Internet]. 2014 Jul. 1 [cited 2024 Jun. 21];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/148

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>