Faktor Internal dan Eksternal Motivasi Kader Kesehatan dalam Pelaksanaan Desa Siaga di Wilayah Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2011

Andodi (1) , Asmaripa Ainy (2) , Misnaniarti (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Peran kader kesehatan sangat penting sekali dalam mendukung berjalannya program desa siaga. Kader kesehatan mempunyai tugas yang sangat kompleks dan beragam dalam pengembangan desa siaga, oleh karena itu kader kesehatan diharapkan memiliki motivasi tinggi dalam menjalankan tugas sehari-hari.
Metode : Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang informan antara lain 2 informan kunci dan 4 informan pembanding. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara mendalam, lembar observasi dan dilakukan telaah dokumen.
Hasil : Faktor internal yang mempengaruhi motivasi kerja kader yaitu adanya pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan diri, adanya pengakuan dari pemerintah setempat dan adanya penghargaan yang diberikan oleh dinas kesehatan kepada kader apabila berprestasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu dalam menjalankan tugas, hubungan baik dengan atasan ataupun dengan teman kerja terjalin dengan baik dan ditambah lagi dengan adanya perhatian dari dinas kesehatan melalui kegiatan supervisi.
Kesimpulan : Sebagian besar kader kesehatan desa siaga memiliki tanggung jawab yang berperan penting dalam pengelolaan program desa siaga, membantu mengembangkan dan mengelola UKBM, serta membantu mengidentifikasi dan melaporkan kejadian di masyarakat yang dapat berdampak pada masyarakat.
Kata Kunci : Kader Kesehatan, Desa Siaga, Motivasi


 

Full text article

Generated from XML file

Authors

Andodi
Asmaripa Ainy
Misnaniarti
1.
Andodi, Ainy A, Misnaniarti. Faktor Internal dan Eksternal Motivasi Kader Kesehatan dalam Pelaksanaan Desa Siaga di Wilayah Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2011. JIKM [Internet]. 2014 Jul. 1 [cited 2024 Jun. 14];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/144

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>