Penerapan Marketing Mix melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih

Prima Sari Putri (1) , Nur Alam Fajar (2) , Misnaniarti (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Dalam persaingan di dunia kesehatan khususnya dunia perumahsakitan diperlukan suatu strategi pemasaran yang baik. Suatu strategi pemasaran membutuhkan marketing mix sebagai alat untuk memenangkan persaingan dalam pelayanan kesehatan. Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda telah berusaha menerapkan seluruh unsur marketing mix secara optimal namun tidak diiringi dengan peningkatan jumlah kunjungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan marketing mix di poliklinik kebidanan dan kandungan dalam mencapai target kunjungan pasien.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan content analysis. Informan berjumlah sebelas orang ditambah satu orang informan ahli yang didapatkan dengan menggunakan teknik snowball sampling.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel place, promotion, physical evidence dan process belum diterapkan dengan baik. Sedangkan variabel price dan people sudah diterapkan dengan baik.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa penerapan marketing mix di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih belum baik. Disarankan bagi pihak humas Rumah Sakit Bunda untuk lebih mengoptimalkan upaya promosi di rumah sakit. Dengan cara lebih aktif lagi melakukan pendekatan dengan masyarakat melalui seminar-seminar yang dijadikan program rutin rumah sakit dan juga bagi pihak Rumah Sakit Bunda secara keseluruhan untuk lebih memperhatikan kondisi dari Rumah Sakit Bunda dalam hal kebersihan serta kelengkapan fasilitas penunjang.
Kata kunci: Marketing mix, Pelayanan Kesehatan

Full text article

Generated from XML file

Authors

Prima Sari Putri
Nur Alam Fajar
Misnaniarti
1.
Putri PS, Fajar NA, Misnaniarti. Penerapan Marketing Mix melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih. JIKM [Internet]. 2011 Mar. 1 [cited 2024 May 25];2(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/61

Article Details

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>