Hubungan Karakteristik Pejamu, Lingkungan Fisik dan Pelayanan Kesehatan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Talang Ubi Pendopo Tahun 2012

Rizza Umaya (1) , Ahmad Fickry Faisya (2) , Elvi Sunarsih (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : DBD di Indonesia masuk kategori “A” dalam stratifikasi WHO yang mengindikasikan tingginya angka perawatan dan kematian akibat DBD. Dari survei awal di wilayah kerja Puskesmas kasus DBD tergolong tinggi, yaitu sebanyak 51 kasus selama 2011. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pejamu, lingkungan fisik, dan pelayanan kesehatan terhadap kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Talang Ubi tahun 2012.
Metode : Menggunakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan metode univariat dan bivariat dengan uji analisa chi-square. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85 KK di wilayah kerja Puskesmas Talang Ubi Pendopo dengan teknik sampel yang digunakan adalah Teknik Simple Random Sampling.
Hasil Penelitian : Dari 6 variabel terdapat 3 variabel yang memiliki hubungan terhadap kejadian DBD, yaitu umur (p-value=0.002, PR=4.383), lingkungan fisik (p-value=0.001, PR=4.750), dan pelayanan kesehatan (p- value=0.022, PR=2.936), sedangkan jenis kelamin (p-value=0.996, PR=1.002), pendidikan (p-value=0.093, PR=2.182), dan pekerjaan (p-value=0.216, PR=1.766) tidak memiliki hubungan terhadap kejadian DBD.
Kesimpulan : Puskesmas Talang Ubi perlu meningkatkan pelayanan kesehatan melalui promotif dan preventif guna menanggulangi penularan maupun kasus DBD, meningkatkan dukungan petugas kesehatan agar melaksanakan program-program DBD dengan baik dan masyarakat harus ikut mendukung dengan memperbaiki lingkungan di sekitar rumah agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes dan melaksanakan kegiatan PSN-Aedes aegypti dengan baik.
Kata Kunci : Karakteristik Pejamu, Lingkungan Fisik, Pelayanan Kesehatan, DBD

Full text article

Generated from XML file

Authors

Rizza Umaya
Ahmad Fickry Faisya
Elvi Sunarsih
1.
Umaya R, Faisya AF, Sunarsih E. Hubungan Karakteristik Pejamu, Lingkungan Fisik dan Pelayanan Kesehatan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Talang Ubi Pendopo Tahun 2012. JIKM [Internet]. 2013 Nov. 1 [cited 2024 May 22];4(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/302

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>