Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Operator Komputer di Kantor Samsat Palembang

Yulyana Kusuma Dewi (1) , Rico Januar Sitorus (2) , Hamzah Hasyim (3)
(1) Dinas Kesehatan Kota Palembang , Indonesia
(2) Bagian K3KL Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Bagian K3KL Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Penggunaan komputer secara berlebihan akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata (astenopia). Faktor resiko astenopia antara lain penggunaan komputer yang berlebihan, intensitas penerangan yang tidak sesuai dengan standar, meningkatnya usia dan frekuensi istirahat yang tidak teratur.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectiona, pada 30 operator komputer di Kantor Samsat Palembang, yang bertujuan untuk mengetahui faktor-fakor yang berhubungan dengan kelelahan mata, digunakan instrument Kuisioner, Luxmeter dan reaction timer.
Hasil Penelitian : Berdasarkan uji exact fisher, diperoleh hubungan variabel penelitian dengan kelelahan mata sebagai berikut variabel umur nilai p = 0,246, variabel lama penggunaan VDT nilai p = 0,028, variabel frekuensi istirahat nilai p = 0,042 serta variabel intensitas penerangan nilai p = 0,108.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil diatas, direkomnendasikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara teratur. Layar monitor dapat diganti dengan LCD. Filter screen dapat digunakan untuk menghindari pancaran radiasi dan meningkatkan derajat kontras. Penambahan daya lampu untuk meningkatkan intensitas penerangan dan pengaturan tata letak monitor yang ergonomis.
Kata kunci : Operator komputer, kelelahan mata

Full text article

Generated from XML file

Authors

Yulyana Kusuma Dewi
Rico Januar Sitorus
Hamzah Hasyim
1.
Dewi YK, Sitorus RJ, Hasyim H. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Operator Komputer di Kantor Samsat Palembang. JIKM [Internet]. 2010 Mar. 1 [cited 2024 Feb. 27];1(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/25

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>