Pengaruh Persepsi terhadap Partisipasi Wanita Usia Subur dalam Melakukan Screening Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Desa Talang Aur Kabupaten Ogan Ilir

Nike Warta (1) , Nur Alam Fajar (2) , Feranita Utama (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks termasuk penyakit dengan jumlah kematian tertinggi pada wanita di seluruh dunia termasuk Indonesia. Terdapat 16 per 100.000 kasus di Indonesia dan 797 kasus di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2014. Screening dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan salah satu cara pencegahan kanker serviks. Desa Talang Aur merupakan Desa yang telah berpartisipasi dalam screening IVA dengan cakupan 17,5%, namun cakupan yang dibutuhkan adalah 80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap partisipasi wanita dalam melakukan screening dengan metode IVA di Desa Talang Aur.
Metode: Jenis penelitian adalah cross sectional dengan pengambilan sampel secara random sebanyak 84 orang pada WUS usia 30-50 tahun.
Hasil Penelitian: Hasil analisis menunjukkan 88,1% wanita yang tidak berpartisipasi dalam screening IVA dan 54,8% memiliki persepsi yang kurang baik terhadap screening IVA. Terdapat pengaruh persepsi terhadap partisipasi WUS dalam melakukan screening dengan metode IVA(p value=0,038; PR 5,8: 95% CI 1,164-29,57). Namun tidak terdapat pengaruh persepsi terhadap partisipasi WUS melakukan screening dengan metode IVA (p value=0,427) setelah dikontrol oleh usia, pekerjaan, pengetahuan, dan riwayat mengunjungi tenaga kesehatan.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh persepsi, pengetahuan dan riwayat mengunjungi tenaga kesehatan terhadap partisipasi wanita subur untuk melakukan screening.
Kata Kunci : Persepsi, screening kanker serviks

Full text article

Generated from XML file

Authors

Nike Warta
Nur Alam Fajar
Feranita Utama
1.
Warta N, Fajar NA, Utama F. Pengaruh Persepsi terhadap Partisipasi Wanita Usia Subur dalam Melakukan Screening Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Desa Talang Aur Kabupaten Ogan Ilir. JIKM [Internet]. 2015 Nov. 1 [cited 2024 May 22];6(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/217

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>