Preliminary Hazard Analysis pada Aktivitas Dry Process Pemisahan Bijih Timah dengan Mineral Ikutan di Unit Tinshed PT. Koba Tin

Desheil Andarini (1) , Elvi Sunarsih (2) , Anita Camelia (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Setiap proses produksi di tempat kerja memiliki potensi bahaya (hazard) yang dapat menyebabkan kecelakaan. Proses produksi di unit tinshed menggunakan teknologi modern dalam penggunaan mesin atau alat produksi yang memiliki potensi bahaya dan berisiko menyebabkan kecelakaan. Informasi mengenai bahaya di unit tinshed masih minim sehingga dibutuhkan analisis mengenai hazard yang berpotensi timbul. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan preliminary hazard analysis pada aktivitas dry process pemisahan bijih timah dengan mineral ikutan di Unit Tinshed PT. Koba Tin.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang ditambah dengan tiga orang informan kunci. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, hazard checklist, PHA Worksheet, dan dilakukan telaah dokumen.
Hasil : Bahaya teridentifikasi berdasarkan peralatan yang digunakan adalah radiasi dari mineral ikutan, kebisingan, percikan material panas, getaran, kebakaran, petir, terjatuh, bahaya aliran magnet, terjepit, debu material, explosion, stabilitas peralatan terganggu, benda berputar, dan tersengat arus listrik. Bahaya yang memiliki risiko ekstrim adalah kebakaran. Pada tingkatan risiko ekstrim dibutuhkan tindak lanjut alternative pengendalian. Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan melaksanakan prosedur penanggulangan keadaan darurat kebakaran.
Kesimpulan : Diperoleh 30 hazard dalam risiko sedang, 11 hazard risiko tinggi, 2 hazard risiko ekstrim dan 1 hazard risiko rendah. Disarankan agar melakukan inspeksi K3 secara rutin, memperhatikan keadaan ventilasi, menerapkan program pengendalian kebisingan, mengadakan training bagi karyawan, memperhatikan safety sign dan keadaan tangga, memperkaya materi safety talk serta dalam pelaksanaan identifikasi bahaya dan penilaian risiko sebaiknya dilakukan oleh orang yang berlatar belakang safety.
Kata Kunci : Preliminary Hazard Analysis, Manajemen Risiko, Timah

Full text article

Generated from XML file

Authors

Desheil Andarini
Elvi Sunarsih
Anita Camelia
1.
Andarini D, Sunarsih E, Camelia A. Preliminary Hazard Analysis pada Aktivitas Dry Process Pemisahan Bijih Timah dengan Mineral Ikutan di Unit Tinshed PT. Koba Tin. JIKM [Internet]. 2012 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 27];3(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/102

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>