Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Nyeri Pinggang pada Pengrajin Songket di Desa Talang Aur Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir

Agnes Martha Helena Sitompul (1) , Rico Januar Sitorus (2) , Hamzah Hasyim (3)
(1) Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Nyeri Pinggang adalah rasa nyeri yang terjadi di daerah punggung bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian belakang dan samping luar. Dalam melakukan pekerjaan, pengrajin duduk dikursi tanpa sandaran, hal ini berisiko besar terjadinya nyeri pinggang. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan nyeri pinggang pada pekerja tersebut.
Metode : Penelitian dilakukan pada 56 pengrajin songket di Desa Talang Aur Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini bersifat dekriptif analitik dengan pendekatan cross sectional.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi square didapatkan bahwa ada hubungan antara umur dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 0,045), tidak ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 0,3), tidak ada hubungan antara lama kerja dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 0,860), tidak ada hubungan antara waktu istirahat dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 1,000), tidak ada hubungan antara indeks massa tubuh dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 0,412), dan ada hubungan antara posisi duduk dengan keluhan nyeri pinggang (nilai p= 0,022).
Kesimpulan : Umur memiliki hubungan yang bermakna secara statistika dengan keluhan nyeri pinggang. Tidak ada hubungan yang bermakna secara statistik antara masa kerja, lama kerja, waktu istirahat, dan indeks massa tubuh terhadap keluhan nyeri pinggang pada pengrajin songket di Desa Talang Aur tahun 2011.
Kata kunci: nyeri pinggang, pengrajin

Full text article

Generated from XML file

Authors

Agnes Martha Helena Sitompul
Rico Januar Sitorus
Hamzah Hasyim
1.
Sitompul AMH, Sitorus RJ, Hasyim H. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Nyeri Pinggang pada Pengrajin Songket di Desa Talang Aur Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. JIKM [Internet]. 2012 Mar. 1 [cited 2024 Jun. 14];3(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/90

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>