Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik terhadap Perkembangan Remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan
Abstract
Latar Belakang : Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa yang dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah perkembangan terkait perubahan kognitif, emosional, moral dan psikososial memasuki usia tahap perkembangannya. Terapi kelompok terapeutik dapat membantu remaja memenuhi kebutuhan dan tugas perkembangan secara positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap kemampuan perkembangan kognitif, emosi, moral dan psikososial remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain “Quasi experimental pre-post test with control group” dengan pengambilan sampel yaitu purposive sampling pada 36 responden yaitu 18 orang kelompok intervensi dan 18 orang kelompok kontrol.
Hasil penelitian : Menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkembangan diri remaja dan perbedaan secara bermakna pada kelompok intervensi setelah diberikan terapi kelompok terapeutik dengan p value 0,010.
Kesimpulan : Perlunya pemberian stimulus dan latihan pencapaian tugas perkembangan remaja secara kontinu dan holistik dalam bentuk kegiatan terapi kelompok terapeutik di pelayanan komunitas.
Kata Kunci : Remaja, Terapi Kelompok Terapeutik, Perkembangan
Full text article
Authors
Authors who publish with Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (JIKM) agree to the following conditions:
- The author retains the copyright and gives the editorial board the first right to be published with work that is simultaneously licensed under the Creative Commons Linking License that allows others to share (copy and redistribute) material in the media or format an adaptation of the work for any purpose.
- Authors can enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published journal works (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in books), with recognition of the initial publication of this journal.