Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik terhadap Perkembangan Remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan

Sri Maryatun (1)
(1) Staf Pengajar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa yang dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah perkembangan terkait perubahan kognitif, emosional, moral dan psikososial memasuki usia tahap perkembangannya. Terapi kelompok terapeutik dapat membantu remaja memenuhi kebutuhan dan tugas perkembangan secara positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap kemampuan perkembangan kognitif, emosi, moral dan psikososial remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain “Quasi experimental pre-post test with control group” dengan pengambilan sampel yaitu purposive sampling pada 36 responden yaitu 18 orang kelompok intervensi dan 18 orang kelompok kontrol.
Hasil penelitian : Menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkembangan diri remaja dan perbedaan secara bermakna pada kelompok intervensi setelah diberikan terapi kelompok terapeutik dengan p value 0,010.
Kesimpulan : Perlunya pemberian stimulus dan latihan pencapaian tugas perkembangan remaja secara kontinu dan holistik dalam bentuk kegiatan terapi kelompok terapeutik di pelayanan komunitas.
Kata Kunci : Remaja, Terapi Kelompok Terapeutik, Perkembangan

Full text article

Generated from XML file

Authors

Sri Maryatun
1.
Maryatun S. Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik terhadap Perkembangan Remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan. JIKM [Internet]. 2013 Nov. 1 [cited 2024 Apr. 23];4(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/294

Article Details