Konsep Pengolahan Limbah Rumah Tangga dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Main Article Content

Elvi Sunarsih

Abstract

Latar Belakang : Limbah adalah bahan buangan atau bahansisa yang tidak digunakan lagi dari hasil kegiatan manusia baik pada skala rumah tangga, industri, maupun pertambangan. Pada konsentrasi tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan terhadap kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan yang tepat terhadap limbah. Limbah rumah tangga adalah limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi, cucian, limbah bekas industri rumah tangga dan kotoran manusia. Limbah rumah tangga yang terlalu banyak jika tidak dapat ditanggulangi sangat berpotensi mencemari dan meracuni lingkungan.Pengolahan limbah rumah tangga ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pencemaran terhadap lingkungan yang dapat berdampak terhadap terganggunya kesehatan masyarakat.
Metode : Makalah ini merupakan study literature dari berbagai sumber dan referensi terkait.
Hasil : Limbah padat yang bersumber dari limbah rumah tangga meliputi limbah Organik dan limbah anorganik. Pengolahan limbah ada tiga jenis yaitu pengolahan secara fisika, pengolahan secara kimia, dan pengolahan secara biologi. Pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga telah mencakup semua elemen yakni udara, air, dan tanah.
Kesimpulan : Pengolahan limbah rumah tangga yang tepat sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya pencemaran terhadap lingkungan. Adapun pengolahan limbah rumah tangga yang baik disesuaikan dengan jenis limbah rumah tangga yang dihasilkan.
Kata Kunci : Pengolahan Limbah, Rumah Tangga, Pencemaran Lingkungan

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
1.
Sunarsih E. Konsep Pengolahan Limbah Rumah Tangga dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan. JIKM [Internet]. 2018 Oct. 3 [cited 2022 Nov. 26];5(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/158
Section
Articles