Korelasi Antara Pola Konsumsi Jajanan Mengandung Anti Oksidan Alami dengan Kondisi Kesehatan Umum Anak SD/MI di Kota Malang

Djoko Setyono (1)
(1) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Malang , Indonesia

Abstract

Latar belakang: Permasalahan pergeseran pola prilaku asupan makanan, seperti pemilihan makanan yang cenderung murah, enak dengan tampilan yang menarik namun tidak memperhatikan kandungan nilai gizinya. Anak sekolah merupakan kelompok yang beresiko mengalami gangguan kesehatan oleh karena asupan makanan aditif (zat pewarna makanan, penyedap dan pengawet). Penelitian ini akan mengkaji korelasi pola konsumsi jajanan yang mengandung antioksidan dengan kondisi kesehatan umum pada anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kota Malang.
Metode: Penelitian menggunakan pendekatan korelasi, dengan populasi seluruh siswa SD/MI di Kota Malang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, didapatkan masing-masing 1 SD mewakili 5 Kecamatan di Kota Malang, didapatkan besar sampel 305 siswa. Alat penggali data dengan observasi untuk menggali kondisi kesehatan umum dan kuesioner untuk mengkaji pola konsumsi jajanan di sekolah. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan statistik korelasi non parametrik spearmer Rho untuk menguji Ho pada taraf signifikansi 0.05.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesehatan secara umum sehat dengan indikasi keadaan gizi baik, presensi jarang sakit, pemeriksaan fisik kondisi umum sehat. Jajanan anak SD/MI yang dikonsumsi cukup mengandung antioksidan alami. Dari analisis korelasi ternyata Ho diterima, yang berarti tidak ada korelasi yang signifikan Kesehatan Umum pada Anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kota Malang (p value>0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menyarankan perlunya kerjasama Dinas Pendidikan dengan Dinas Kesehatan terkait sosialisasi makanan yang mengandung antioksidan alami dengan memberdayakan UKS dan kantin sekolah secara teknis. Menyarankan untuk penelitian lanjutan dengan memberikan perlakuan berupa jajanan antioksidan alami hubungannya dengan kondisi kesehatan umum dalam kurun waktu yang lama (3 bulan).
Kata kunci : Pola konsumsi jajan, Antioksidan alami, Kondisi Kesehatan umum.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Djoko Setyono
1.
Setyono D. Korelasi Antara Pola Konsumsi Jajanan Mengandung Anti Oksidan Alami dengan Kondisi Kesehatan Umum Anak SD/MI di Kota Malang. JIKM [Internet]. 2011 Nov. 1 [cited 2024 Jul. 3];2(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/84

Article Details