Faktor Sosial Ekonomi Kematian Bayi di Dusun Muntigunung Kabupaten Karangasem Provinsi Bali

Ni Luh Putu Suariyani (1) , I Ketut Tangking Widarsa (2) , Ni Putu Widarini (3) , Ni Ketut Sutiari (4) , Rina Listyowati (5)
(1) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana , Indonesia
(2) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana , Indonesia
(3) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana , Indonesia
(4) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana , Indonesia
(5) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana , Indonesia

Abstract

Latar belakang: Dusun Muntigunung merupakan daerah kritis di Karangasem dengan jumlah penduduk miskin yang tinggi dan angka kematian bayinya paling tinggi di Karangasem. Sehubungan dengan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor determinan kematian bayi yang potensial di Muntigungung.
Metode : Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif ekploratif dengan pendekatan kualitatif berupa studi kasus Dusun Mutigungung dengan menggunakan keluarga yang memiliki kematian bayi satu atau lebih dalam 5 tahun terakhir sebagai kasus. Data kelahiran, kematian bayi, pendidikan, pekerjaan ibu, penghasilan keluarga serta keadaan geografis dikumpulkan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil wawancara direkam dan dibuatkan transkripnya. Transkrip hasil wawancara dianalisis secara kualitatif sesuai konten factor determinan kematian bayi.
Hasil : Dari 8 kasus kematian bayi dari 5 sampel keluarga, 6 meninggal waktu lahir, satu pada umur 2 hari dan satu lagi pada umur 2 bulan. Kemungkinan kematian tersebut disebabkan oleh aspiksia atau infeksi dan meninggal sebelum diobati ke dokter/bidan. Dimana keluarga tersebut memiliki faktor sosial ekonomi yang rendah.
Kesimpulan: Faktor sosial-ekonomi keluarga yang meliputi pendidikan ibu dan suami serta pendapatan keluarga yang rendah kemungkinan salah satu faktor penyebab kematian bayi.
Kata kunci: Sosial ekonomi, pendidikan, pendapatan, kematian bayi

Full text article

Generated from XML file

Authors

Ni Luh Putu Suariyani
I Ketut Tangking Widarsa
Ni Putu Widarini
Ni Ketut Sutiari
Rina Listyowati
1.
Suariyani NLP, Widarsa IKT, Widarini NP, Sutiari NK, Listyowati R. Faktor Sosial Ekonomi Kematian Bayi di Dusun Muntigunung Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. JIKM [Internet]. 2010 Nov. 1 [cited 2024 Jun. 13];1(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/49

Article Details