Kesigapan Balakar (Barisan Sukarelawan Kebakaran) dalam Menanggulangi Kebakaran di Wilayah Kabupaten Serang

Feriyanto (1)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faletehan Serang , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Kebakaran merupakan bencana yang paling sering dihadapi dan bisa digolongkan sebagai bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh manusia. Untuk menanggulangi kebakaran di Wilayah Kabupaten Serang, biasanya dibantu oleh Balakar. Dikarenakan respon time dan jarak yang harus ditempuh Pemadam Kebakaran ke lokasi kebakaran tidak memungkinkan dalam waktu 15 menit untuk sampai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kesigapan Balakar dalam menanggulangi kebakaran di Wilayah Kabupaten Serang tahun 2011 meliputi pelatihan kebakaran, pengetahuan, sikap, pendidikan, dan umur.
Metode : Penelitian dengan rancangan cross sectional ini dilakukan di Kabupaten Serang pada bulan Juli-Agustus tahun 2011. Sebanyak 57 sampel adalah Balakar Kabupaten Serang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dengan Chi Square.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian kepada Balakar diperoleh 64,9% sigap dan 35,1% tidak sigap, 66,7% pernah mengikuti pelatihan dan 33,3% tidak pernah mengikuti pelatihan, 59,6% berpengetahuan baik dan 40,4% berpengetahuan rendah, 49,1% bersikap positif dan 50,9% bersikap negatif, 86,0% berpendidikan tinggi dan 14,0% berpendidikan rendah, 91,2% dewasa dan 8,8% tidak dewasa.
Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kesigapan Balakar dalam menanggulangi kebakaran (Pv=0,012), tidak ada hubungan yang bermakna antara pelatihan kebakaran (Pv=0,492), sikap (Pv=0,708), pendidikan (Pv=0,238), dan umur (Pv=0,647) dengan kesigapan Balakar dalam menanggulangi kebakaran.
Kata Kunci : Kebakaran, Kesigapan Balakar

Full text article

Generated from XML file

Authors

Feriyanto
1.
Feriyanto. Kesigapan Balakar (Barisan Sukarelawan Kebakaran) dalam Menanggulangi Kebakaran di Wilayah Kabupaten Serang. JIKM [Internet]. 2013 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 23];4(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/281

Article Details