Perbedaan Pengetahuan Setelah diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Menggosok Gigi dengan Video Modeling

Susi Shorayasari (1) , Dian Puspitasari Effendi (2) , Sri Puspita (3)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten , Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten , Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan merupakan hasil dari mengingat suatu hal, termasuk mengingat kembali kejadian yang pernah dialami baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Kurangnya pengetahuan tentang menggosok gigi sangat berpengaruh pada kebersihan pribadi karena menggosok gigi termasuk rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SDS Kartini tahun 2013, menunjukkan bahwa setelah dilakukan wawancara tentang pentingnya menggosok gigi, 3 dari 10 anak dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan 7 anak tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Dapat disimpulkan bahwa masih rendahnya pengetahuan siswa-siswi di SDS Kartini. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 6-12 tahun di SDS Kartini. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 32 orang. Pengumpulan data dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 25 soal. Analisa data statistik yang digunakan adalah uji t dependen.
Hasil Penelitian: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah adanya peningkatan pengetahuan dari sebelum intervensi (pretest) yaitu 50,84 dan pengetahuan setelah intervensi (posttest) yaitu 89,22 dengan p value (sig) 0,000.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Susi Shorayasari
sshorayasari@yahoo.co.id (Primary Contact)
Dian Puspitasari Effendi
Sri Puspita
1.
Shorayasari S, Puspitasari Effendi D, Puspita S. Perbedaan Pengetahuan Setelah diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Menggosok Gigi dengan Video Modeling. JIKM [Internet]. 2017 Mar. 1 [cited 2024 Apr. 26];8(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/230

Article Details