Strategi Penguatan Program Posbindu Penyakit Tidak Menular di Kota Bogor

Wahyu Pudji Nugraheni (1) , Risky Kusuma Hartono (2)
(1) 1Pusat Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan , Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Kapasitas SDM kesehatan dan kemampuan pendanaan yang terbatas menjadi ancaman keberlanjutan program Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penguatan program Posbindu PTM di Kota Bogor.
Metode: Desain penelitian merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan utama penelitian berasal dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, kader, dan masyarakat.
Hasil Penelitian: Posbindu PTM kota Bogor telah dikunjungi oleh masyarakat dari kalangan usia muda hingga tua, namun jumlah kader dan peralatan setiap Posbindu berbeda, kader kurang mendapatkan pelatihan dan pendanaan yang belum maksimal.
Kesimpulan: Strategi berupa pelatihan yang lebih intensif terhadap kader mengenai PTM dari tenaga kesehatan, penambahan kegiatan kesehatan untuk meningkatkan intensitas kehadiran warga dan kerja sama lintas sektor menjadi alternatif yang dapat diterapkan untuk penguatan program Posbindu PTM.
 

Full text article

Generated from XML file

Authors

Wahyu Pudji Nugraheni
Risky Kusuma Hartono
1.
Nugraheni WP, Hartono RK. Strategi Penguatan Program Posbindu Penyakit Tidak Menular di Kota Bogor. JIKM [Internet]. 2020 Jul. 16 [cited 2024 Apr. 19];9(3):198-206. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/312

Article Details