Intervensi Suplemen Makanan untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil

Eti Rimawati (1) , Erna Kusumawati (2) , Elviera Gamelia (3) , Sumarah (4) , Sri Achadi Nugraheni (5)
(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang , Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Soedirman, Purwokerto , Indonesia
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Soedirman, Purwokerto , Indonesia
(4) Program Studi Kebidanan, Poltekkes Kementerian Kesehatan, Yogyakarta , Indonesia
(5) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang , Indonesia

Abstract

Latar belakang: Anemia pada kehamilan saat ini menjadi masalah kesehatan global utama karena telah mempengaruhi hampir setengah dari semua wanita hamil di seluruh dunia. Anemia pada ibu hamil disebabkan oleh kekurangan zat besi, kekurangan asam folat, infeksi dan kelainan darah. Upaya untuk menurunkan angka anemia ibu hamil yaitu dengan pemberian supplement zat besi sebanyak 90 tablet serta pemenuhan asupan gizi pada saat hamil. Tujuan dari literatur review ini adalah untuk menggambarkan pengaruh suplementasi makanan terhadap peningkatan kadar Hb pada ibu hamil.


Metode: Metode pencarian data bersumber dari google scholar yang berjumlah 11 artikel dari tahun 2010 – 2018. Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk matriks.


Hasil Penelitian: Hasil literature review ini adalah bahwa pemberian supplement Fe, konsumsi  makanan yang mengandung zat besi  seperti ubi jalar , dan konsumsi makanan yang mengandung  zat pembantu penyerapan Fe (enhancer Fe) seperti tinutuan, buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jus jambu, bayam merah dan buah bit, serta makanan tinggi vitamin B9 dan B12 seperti kacang hijau dan rumput laut dapat meningkatkan kadar Hemoglobin darah pada ibu hamil. Selain itu pembatasan makanan yang mengandung zat yang dapat menghambat penyerapan (inhibitor) Fe juga berpengaruh untuk mengoptimalkan absorbsi Fe dalam tubuh.


Kesimpulan: Ibu hamil perlu meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, B12, asam folat dan protein untuk meningkatkan absorbsi Fe dalam tubuh serta menghindari mengkonsumsi makanan sumber Fe bersamaan dengan makanan yang dapat menghambat absorbsi Fe seperti teh, kopi dan susu.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Eti Rimawati
Erna Kusumawati
Elviera Gamelia
Sumarah
Sri Achadi Nugraheni
1.
Rimawati E, Kusumawati E, Gamelia E, Sumarah, Achadi Nugraheni S. Intervensi Suplemen Makanan untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil. JIKM [Internet]. 2020 Jul. 16 [cited 2024 Apr. 20];9(3):161-70. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/307

Article Details