Analisis Determinan Kejadian Tuberkulosis Paru di Puskesmas Tugu Mulyo Ogan Komering Ilir Tahun 2011-2012

Siti Mukholipah (1) , Najmah (2) , Rini Mutahar (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Gibraltar
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Tuberkulosis Paru merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobakterium tuberkulosis yang terutama menyerang paru, kelenjar limfe dan usus. Kasus Tuberkulosis di Puskesmas Tugu Mulyo Paru pada tahun 2008 sebanyak 3 kasus, pada tahun 2009 kasus Tuberkulosis paru sebanyak 10 kasus, pada tahun 2010 kasus Tuberkulosis sebanyak 17 kasus dan pada tahun 2011 kasus Tuberkulosis sebanyak 44 kasus. Dari data diatas terlihat terjadinya peningkatan kasus Tuberkulosis Paru setiap tahun nya. Penelitian ini bertujuan Mengetahui determinan kejadian Tuberkulosis paru di Puskesmas Tugu Mulyo Tahun 2011- tahun 2012.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain kasus kontrol sampel penelitian adalah untuk kasus orang yang pernah menderita TB atau sedang menderita TB pada tahun 2011-2012 yang melakukan pengobatan di puskesmas Tugu Mulyo, sedangkan kontrol adalah orang yang memeriksakan sputumnya di Puskesmas Tugu Mulyo dengan hasil negatif TB. Analisis yang digunakan analisis univariat, bivariat dan regresi logistik.
Hasil Penelitian : Hasil uji statistik menunjukan umur (p=0.07), jenis kelamin (p=0.83), tidak memiliki hubungan dengan kejadian TB Paru. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik multivariat, terdapat empat variabel yang berpengaruh terhadap kejadian tuberkulosis yaitu usia, tindakan, pengetahuan dan sikap.setelah variabel lain dikontrol.
Kesimpulan : Pihak puskesmas Tugu Mulyo perlu meningkatkan program survei TB paru kelapangan dalam pelacakan kasus, dan melakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit tuberculosis, Perlu adanya perbaikan lingkungan fisik perumahan.
Kata Kunci : Tuberkulosis, Determinan penyakit.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Siti Mukholipah
Najmah
Rini Mutahar
1.
Mukholipah S, Najmah, Mutahar R. Analisis Determinan Kejadian Tuberkulosis Paru di Puskesmas Tugu Mulyo Ogan Komering Ilir Tahun 2011-2012. JIKM [Internet]. 2013 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 23];4(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/274

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>