Analisis Perilaku Aman pada Pekerja Galangan Kapal di PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang Periode Oktober Tahun 2012

Ani Nidia Listianti (1) , Ahmad Fickry Faisya (2) , Anita Camelia (3)
(1) Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(2) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang adalah perusahaan galangan yang bergerak di bidang pembuatan dan reparasi kapal. Dalam kegiatannya, ada banyak potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik proses atau bahan produksi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja, namun hasil survei awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa para pekerja belum menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat melakukan pekerjaannya sehingga ada indikasi bahwa para pekerja belum menerapkan perilaku aman.
Metode : Penelitian survei analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi pekerja galangan kapal di PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang periode Oktober 2012 dengan sampel sejumlah total individu (50 orang). Variabel bebas pengetahuan, sikap, tindakan, ketersediaan sarana/fasilitas, peraturan keselamatan kerja, peran rekan kerja, peran pengawas, komunikasi dan pelatihan, variabel terikat perilaku aman. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan metode univariat dan bivariat dengan uji analisa chi square pada program SPSS.
Hasil Penelitian : Hasil analisis uji hubungan menunjukkan dari sembilan variabel, terdapat enam variable yang mempunyai hubungan dengan perilaku aman pekerja galangan, yaitu variabel pengetahuan (OR = 3,9; p-value = 0,023), sikap (OR = 0,2; p-value = 0,033), tindakan (OR = 0,1; p-value = 0,011), peran rekan kerja (OR = 5,4; p-value = 0,031), komunikasi (OR = 6,1; p-value = 0,019), dan pelatihan (OR = 4,6, p-value = 0,014).
Kesimpulan : Untuk memperkecil risiko kecelakaan kerja, PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang perlu meningkatkan perilaku aman pekerja galangan dengan memperhatikan variabel- variabel yang berhubungan dengan perilaku aman pekerja, terutama yang masih dinilai tidak baik, yakni variabel pengetahuan, sikap, tindakan, dan pelatihan. Saran agar PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang menerapkan sistem punishment dan reward, meningkatkan komunikasi, mengadakan pelatihan berkala, melibatkan partisipasi pekerja dalam berbagai program K3 serta menerapkan pendekatan Behavior Based Safety (BBS).
Kata Kunci : Perilaku Aman, Pekerja Galangan Kapal.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Ani Nidia Listianti
Ahmad Fickry Faisya
Anita Camelia
1.
Listianti AN, Faisya AF, Camelia A. Analisis Perilaku Aman pada Pekerja Galangan Kapal di PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Palembang Periode Oktober Tahun 2012. JIKM [Internet]. 2018 Oct. 10 [cited 2024 Apr. 24];4(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/269

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>