Penerapan Metode Lima Tugas Kesehatan Keluarga untuk Mencegah dan Menanggulangi Penyakit pada Saluran Pernafasan (TB Paru dan ISPA)

Dian Wahyuni (1)
(1) Staf Pengajar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya , Indonesia

Abstract

Sistem pernafasan merupakan penghubung antara lingkungan luar dengan lingkungan dalam tubuh. Tugas utama paru-paru adalah respirasi, memegang peranan dalam metabolisme, membuang substansi tertentu dari sirkulasi misalnya serotonin dan buffer (penyangga) volume pembuluh darah. Oleh karena itu, jika ada gangguan atau kerusakan pada saluran pernafasan dan paru-paru maka akan berdampak multiple patologis (penyakit) bagi manusia. Penyakit yang diderita dapat menyebabkan kerugian baik secara moril maupun materiilPenyakit pada saluran pernafasan dan paru-paru merupakan penyakit yang paling banyak dilaporkan kunjungannya di puskesmas. Sesuai dengan fungsi pemeliharaan kesehatan, keluarga mempunyai tugas di bidang kesehatan yang perlu dipahami dan dilakukan. Metode lima tugas kesehatan keluarga dapat diterapkan pada kasus penyakit TB paru dan ISPA.
Kata kunci: Tugas Kesehatan Keluarga, TB Paru, ISPA

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dian Wahyuni
1.
Wahyuni D. Penerapan Metode Lima Tugas Kesehatan Keluarga untuk Mencegah dan Menanggulangi Penyakit pada Saluran Pernafasan (TB Paru dan ISPA). JIKM [Internet]. 2018 Oct. 10 [cited 2024 Mar. 28];4(1). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/268

Article Details