Hubungan Promosi Penggunaan Kondom, Seks Aman Terhadap Pencegahan Penyakit Menular Seksual di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh

Agustina (1) , Munadi (2)
(1) Bagian Kesehatan Reproduksi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh , Indonesia
(2) Bagian Patologi klinik Fakultas Kedokteran Unsyiah , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Infeksi Menular Seksual sering juga disebut Penyakit kelamin ini merupakan penyakit yang sebagian besar ditularkan melalui hubungan seks atau hubungan kelamin. Sejak pertama kali ditemukan (1987) sampai dengan Juni 2012, kasus HIV/AIDS tersebar pada 498 kabupaten/kota di seluruh (33) provinsi di Indonesia, tahun 2010 sebanyak 21.591 kasus, tahun 2011 sebanyak 21.031 kasus, untuk Aceh sendiri terdapat 65 kasus HIV. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan promosi penggunaan kondom dan seks aman dengan pencegahan danpenanggulangan PMS pada Wanita Usia Subur.
Metoda: Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Wanita Usia Subur (WUS) beresiko yang berusia 21- 35 tahun yang datang ke Klinik IMS di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh berjumlah 63 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Consecutive sampling Analisis data secara univariat dan bivariat.
Hasil: Hasil uji statistik Chi-square Promosi kondom didapat nilai p=0,013 dan Seks Aman, nilai p=0,029 artinya ada hubungan yang signifikan antara Promosi Penggunaan Kondom, seks Aman dengan Pencegahan Infeksi Menular Seksual.
Kesimpulan: Pencegahan dan penanggulangan IMS melalui promosi penggunaan kondom dan seks aman di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh masih kurang baik. Diharapkan petugas kesehatan agar lebih aktif melaksanakan Komunikasi, Informasi, Edukasi sehingga dapat memberikan pemahaman yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan IMS.


 

Full text article

Generated from XML file

Authors

Agustina
Munadi
1.
Agustina A, Munadi M. Hubungan Promosi Penggunaan Kondom, Seks Aman Terhadap Pencegahan Penyakit Menular Seksual di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. JIKM [Internet]. 2018 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 24];9(2):125-33. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/253

Article Details